Rekomendasi Buku Parenting dari Nikita Willy untuk Calon Ibu

 
Rekomendasi Buku Parenting dari Nikita Willy untuk Calon Ibu

Di antara para selebriti yang kini sedang menjalani peran barunya sebagai seorang ibu, nama Nikita Willy kerap menjadi perbincangan karena dianggap sebagai sosok ibu yang benar-benar mempersiapkan dirinya. Di beberapa vlog yang ditayangkan di kita bisa melihat bagaimana Nikita terlihat sangat sabar dan telaten mengurus Issa Xander putra sulungnya ini. Bahkan terakhir kita juga bisa melihat bagaimana pintarnya Issa yang kini sudah berusia 2 tahun. Dia berbicara dengan lancar dan memiliki manner yang sangat baik sehingga membuat ibu-ibu yang menonton jadi gemas sendiri.

Saya sendiri jujur dulunya tidak mengira kalau Nikita Willy ini akan jadi sosok ibu yang keren di mata netizen. Maklumlah ya sebagai generasi 90-an kita melihat bagaimana Nikita Willy yang sejak kecil sudah bermain sinetron sampai kadang dicap terlalu cepat dewasa oleh penonton. Saya ingat sekali bagaimana ketika Niki berulang tahun ke-17 atau 20 dan diberitakan di salah satu infotainment dan host acara tersebut malah menyebutkan angka 30 untuk usia Nikita Willy. Heu.

Rekomendasi Buku Parenting Nikita Willy

Untuk bisa menjadi seorang ibu seperti Nikita Willy tentunya bukanlah hal yang instan. Ada sebuah tulisan yang menyebutkan bagaimana Niki yang memang sebelum menjadi ibu sudah mempersiapkan dirinya dengan baik dan sudah selesai dengan dirinya sendiri. Niki menikah di usia 30 tahun yang bisa dibilang sangat matang bagi seorang wanita. Di usia tersebut, Niki juga sudah kenyang dengan pengalaman sebagai artis dan pastinya. Selain itu ia juga pintar dan yang paling penting mendapatkan pasangan yang kaya tepat. Hehe.

Setelah menikah dengan Indra Priawan, Niki dan suaminya lebih berbagi kisah mereka lewat kanal Youtube mereka, termasuk juga cerita kehamilan dan proses lahirnya Issa yang cukup viral. Cerita kelahiran baby Issa ini sendiri menjadi viral karena ditangani oleh dokter selebriti di Hollywood. Lalu kemudian setelah melahirkan, Niki kembali menjadi perbincangan karena membiarkan Issa yang masih berusia 3 bulan tidur di kamarnya sendiri. Dan sekarang, Niki juga sedang menjalani kehamilan anak keduanya. Wah pastinya pada penasaran dong ya bagaimana anak ke dua Niki nanti.

Terkait ilmu parenting sendiri, dalam sebuah video di kanal youtubenya, Niki membagikan beberapa buku parenting yang menjadi acuannya dalam mengasuh Issa. Sebenarnya dalam video ini terdapat endorse ya namun tentunya tetap sangat bermanfaat bagi para ibu atau calon ibu yang sedang mempersiapkan diri menjadi ibu. Apa saja buku-buku yang dibaca Nikita Willy dalam mempersiapkan diri menjadi orang tua? Yuk baca tulisan ini sampai selesai: 

The Happiest Baby on The Block - Harvey Karb


Happiest Baby on The Block merupakan buku parenting yang ditulis oleh Harvey Karp dan telah menjadi buku best seller di Amerika. Dalam buku ini membahas hal-hal yang penting diketahui oleh para ibu baru terkait perilaku bayi mereka yang baru lahir mulai dari bagaimana cara menenangkan bayi yang menangis, mengenal jenis-jenis tangisan bayi, menangani kolik pada bayi dan banyak ilmu bermanfaat lainnya.
 
Terkait menenangkan bayi sendiri, ada 5 teori dalam buku ini yang pastinya sangat berguna bagi para ibu yang disebut juga dengan 5S yakni:
  • Swaddling, bagaimana cara membedong bayi agar mereka merasa nyaman
  • Side or stomach position, Cara menggedong bayi 
  • Shush, membuat suara yang bisa menenangkan bayi
  • Swing, cara mengayun bayi 
  • Suck, kebiasaan bayi menghisap jari 

Montessori Baby - Simone Davies & Junnifa Uzodike

 

Montessori saat ini bisa dibilang cukup populer di dunia parenting Indonesia. Metode ini dikenalkan oleh dr. Maria Montessori pada awal abad 20. Metode Montessori ini pada dasarnya metode yang membebaskan anak belajar sesuai dengan minat dan bakatnya. Selain itu, Montessori juga menekankan materi konkret dalam pembelajarannya. 
 
Nikita Willy ternyata juga menjadikan buku Montessori Baby sebagai salah satu panduannya dalam merawat putranya. Niki sendiri tidak terlalu banyak menjelaskan isi buku ini karena tidak semua diterapkannya pada baby Issa. Namun dari beberapa review yang saya baca, buku Montessori Baby ini membahas secara lengkap terkait bagaimana kita menyiapkan diri dengan baik untuk menjadi orang tua secara fisik, emosional, intelektual dan juga spiritual sehingga bisa membesarkan bayi yang siap mengeksplorasi dunianya.

Dalam buku ini juga lebih menekankan bagaimana orang tua menjadi pengamat yang aktif untuk bisa memahami apa yang sebenarnya ingin disampaikan bayi. Selain itu, orang tua juga berperan dalam membangun rumah yang ramah bagi bayi, yang membuat bayi bisa mengeksplorasi sekitarnya dengan aman.

Baby Led Weaning - Gill Rapley & Tracey Murkett


Urusan makan bayi pastinya juga menjadi salah satu hal yang penting dipelajari seorang ibu. Jangan sampai nih hanya karena kurangnya informasi seorang ibu memberikan makanan yang salah di awal-awal kehidupan anaknya. Misalnya memberikan makan anak di usia 1 bulan seperti kasus yang kerap kita baca. Jelas ini hal yang sangat berbahaya bagi bayi. 

Sebenarnya ada banyak teori terkait makanan pertama bayi ini, ada banyak panduan yang bisa diikuti. Dulu sewaktu saya baru menjadi ibu, metode MPASI yang saya ikuti adalah menu 4 bintang dan sepertinya untuk sekarang menunya sudah berubah lagi. Selain itu ada juga metode yang dikenal dengan nama baby led weaning yang kalau diartikan membiarkan bayi makan sendiri dan metode inilah yang digunakan Nikita Willy saat masa MPASI Issa dahulu.

Tentunya dalam menerapkan metode Baby Led Weaning ini Niki juga memiliki panduannya yakni buku Baby Led Weaning yang ditulis oleh Gill Rapley & Tracey Murkett. Buku merupakan buku panduan terkait metode BLW ini. Jadi bayi bukan sembarangan diberi makanan utuh untuk dimakan namun ada ketentuannya. Secara umum, buku Baby Led Weaning ini membahas tentang:
  • Mengajarkan cara menyajikan makanan
  • Cara bayi duduk saat makan
  • Waktu/jam makan
  • Cara membaca mood bayi
  • Cara antisipasi jika bayi menolak makan

Bringing Up Bebe - Pamela Druckerman

 


Buku ini ditulis oleh seorang jurnalis bernama Pamela Druckerman yang setelah dipecat dari pekerjaannya pindah ke Perancis bersama kekasihnya dan melahirkan anak-anaknya di negara tersebut. Satu hal yang membuat Pamela ini kagum adalah bagaimana anak-anak orang Perancis ini bisa sabar menunggu dan makan dengan tenang. Ini tentunya membuat para ibu di Perancis ini terlihat lebih santai dan tidak riweh saat bersama anak-anak mereka.
 
Pamela pun melakukan riset dan lahirlah buku Bringing Up Bebe ini. Secara umu, buku Bringing Up Bebe ini mengajarkan bagaimana membuat anak bisa bersabar dan belajar menunggu, melatih anak makan dengan tenang di meja makan, mengajarkan adab dan kesopanan, melatih bayi tidur sepanjang malam. Wah, kalau ini sih memang perlu banget ya bukunya dimiliki para ibu bahkan yang sudah punya anak sebelumnya.

Itulah dia beberapa rekomendasi buku parenting untuk para calon ibu dari artis Nikita Willy. Semoga bermanfaat bagi teman-teman sekalian!
Baca Juga
Reactions

Post a Comment

15 Comments

  1. Wow bukunya bagus bagus ya .maka nya mindset nya tentang parenting luas juga ya. Hanya saja yang paling utama dari parenting adalah bahagia lahir batin

    ReplyDelete
  2. Wahhhh ternyata buku2 nya penting banget ya mba...sangat membantu banget itu terutama buat ibu2 muda yng baru pengalaman pertama...jadi dapet ilmu insight baru dalam membersamai buah hati nyaa❤️❤️

    ReplyDelete
  3. Sekarang banyak banget pilihan buku parenting yah. Dan jangan salah, ilmu parenting juga berkembang dibandingkan zaman Eyang dan Ibu kita. Itu sebabnya selalu aja ada pro-kontra dalam hal parenting, yang utamanya malah berselisih dengan keluarga sendiri karena beda mindset.

    ReplyDelete
  4. Ya Allah berat kali bukunya NikWil ini. Bukan bahasannya sih tapi semua diambil dari yg berbahaaa Inggris 🤣
    Seandainya nih.. Seandainya pengen baca, nyari buku-buku itu di mana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu ada beberapa yang sudah ada terjemahannya mbak kayak bringing up bebe sudah ada versi bahasa Indonesia

      Delete
  5. masa tumbuh kembang bayi memang masa-masa krusial, makanya para calon ibu wajib punya buku panduan yang baik supaya bisa mengoptimalkan masa-masa emas ini.
    Buku-buku pilihannya Nikita Willy ini harus banget dibeli nih. Bisa buat investasi masa depan.

    ReplyDelete
  6. Persiapan untuk menjadi ibu seharusnya dipersiapkan sebelum menikah seperti Nikita ini, jadi pas sudah mempunyai anak tinggal dipraktikan. Buku-bukunya keren wajib tuh dibaca oleh para calon ibu

    ReplyDelete
  7. Pantesan gaya parenting Niki keren begitu bacaaannya saja buku parenting bermutu. Bisa nih jadi rekomendasi buku parentingnya untuk para calon ibu dari artis Nikita Willy.

    ReplyDelete
  8. Sejak jadi ibu, Nikita Willy bisa dianggap salah satu kiblat parenting di Indonesia ya
    Ternyata ilmu parentingnya banyak diinspirasi oleh buku buku parenting dari luar negeri ya

    ReplyDelete
  9. Wah, baru tahu kalau ternyata sekarang Nikita Willy sedang mengandung anak kedua. Buku-buku parenting ini memang bermanfaat banget untuk membantu para calon ibu membersamai bayinya kelak. Salah satu yang saya suka adalah konsep montessori yang banyak mengajarkan anak belajar mandiri sejak dini.

    ReplyDelete
  10. Iya nih aku juga beberapa kali nonton Nikita Willy ini sebagai referensi parenting untuk anak. Bahkan beberapa media menganggap Nikita Willy sebagai salah satu kiblat parenting di Indonesia.

    ReplyDelete
  11. Pantas Nikita Willy pandangannya sangat luas terhadap parenting, ternyata selain didukung finansial yang matang juga didukung referensi yang daging sekali.

    ReplyDelete
  12. Baru punya satu bukunya yg baby ped weaning. Anak pertamakedua aku pakai metode BLW untuk anak ketiga aku mulai pakai metode spooning karena anakku gak mau menggenggam dan memasukkan makanan sendiri.

    ReplyDelete
  13. Bukunya bagus-bagus banget. Ini emang panduan banget buat ibu baru.

    ReplyDelete
  14. Bener-bener keren yaa..
    Karena keren versi artis Nikita Willy ini adalah mempersiapkan diri menjadi seorang Ibu. Ia tau bener apa yang kudu dilakukan dan rencana beberapa tahun ke depan. Kalau baca referensi bukunya artis Nikita Willy, mashaAllaa~ buku LN semuaaa.. Dan pastinya gak hanya sekedar dibaca, tapi juga diterapkan dengan sungguh-sungguh. Kunci berikutnya adalah kompak dengan suami.

    ReplyDelete