Perbedaan Operasi LASIK dan Operasi Katarak yang Perlu Diketahui

Beberapa waktu lalu, ibu saya menjalani operasi mata katarak. Operasi ini dilakukan setelah sebelumnya ibu saya melakukan pemeriksaan terkait kondisi mata beliau yang katanya terasa kabur. Mulanya ibu mencoba memeriksakan mata ke optik saja karena dikira hanya masalah mata tua. Namun ternyata oleh petugas optik ibu disarankan untuk memeriksakan matanya ke dokter mata karena dugaannya adalah terkena katarak.

Operasi katarak sendiri bisa dibilang bukan operasi yang memerlukan waktu yang lama. Mungkin seperti operasi LASIK, operasi ini hanya menghabiskan waktu 30-45 menit dan pasien juga tidak perlu rawat inap. Tentunya sebelum melakukan operasi katarak juga ada hal-hal yang perlu dilakukan dan diperhatikan pasien. Selain itu, apa saja perbedaan antara operasi katarak dengan operasi lasik? Yuk baca postingan ini hingga selesai!

Apa itu Katarak dan Cara Penanganannya


Sebelum berbicara tentang operasi katarak, tentunya akan lebih tepat jika kita berbicara tentang penyakit katarak yang menjadi alasan dilakukannya operasi tersebut. Katarak merupakan kondisi di mata lensa mata yang semula jernih berubah menjadi keruh sehingga mengganggu penglihatan. Umumnya katarak disebabkan oleh penuaan atau adanya trauma yang menyebabkan perubahan pada jaringan mata. 

Adapun ciri-ciri penyakit katarak ini antara lain:
  • Pandangan menjadi kabur seperti berkabut
  • Melihat lingkaran di sekeliling cahaya
  • Pandangan ganda
  • Penurunan penglihatan pada malam hari
  • Rasa silau saat melihat lampu mobil, matahari atau lampu
  • Warna di sekitar terlihat memudah
Dalam prosedur operasi katarak sendiri, dokter akan menyiapkan lensa pengganti untuk mata yang dioperasi. Karena itulah sebelum operasi katarak dilakukan dokter akan melakukan pemeriksaan pemeriksaan USG mata untuk mengukur bentuk dan ukuran bola mata. Lensa-lensa yang kerap digunakan pada operasi katarak adalah lensa monofokal, lensa multifokal dan lensa torik. 

Sedangkan untuk operasinya sendiri, ada 2 jenis operasi yang dlakukan untuk mengobati katarak yakni:

Small Incision cataract surgery (phacoemulsification)

Operasi ini dilakukan dengan membuat insisi kecil pada tepi kornea yang sudah dilebarkan pupilnya. Setelah itu, dokter akan menyinarkan gelombang ultrasound untuk menghancurkan lensa lalu diambil menggunakan alat penghisap. Selanjutnya, lensa baru akan dipasang menggantikan lensa mata yang lama. 

Teknik laser

Teknik laser sebenarnya hampir mirip dengan teknik phacoemulsification. Perbedaannya ada pada proses pembuatan sayatan dan penghancuran lensa. Pada teknik laser, sayatan dan penghancuran lensa dilakukan dengan menggunakan sinar laser. Lensa yang hancur akan dikeluarkan dan diganti dengan lensa buatan yang baru. 

Extracapsular surgery

Teknik ini dilakukan dengan cara mengangkat satu lensa mata secara utuh dan menyisakan kapsul belakang lensa untuk menjadi pemasangan lensa buatan. Teknik ini digunakan jika katarak yang terbentuk cukup padat sehingga tidak bisa dihancurkan. Dibanding dengan teknik phacoemulsification, pada teknik ini diperlukan sayatan yang lebih besar dan pemulihannya juga lebih lama.

Operasi katarak intrakapsular

Teknik ini dilakukan dengan membuat sayatan besar kemudian mengangkat seluruh lensa mata bersama kapsulnya dari mata. Setelah itu, lensa baru dipasang pada area mata yang sama dengan lensa mata lama atau pada area baru, biasanya di depan iris.

Perbedaan Operasi Katarak dan operasi LASIK


Baik operasi katarak maupun operasi LASIK merupakan prosedur yang dilakukan untuk memperbaiki penglihatan seseorang. Kedua operasi ini tentunya memiliki perbedaan baik dari diagnosa penyebabnya hingga prosedur yang dilakukan. Beberapa perbedaan antara operasi katarak dengan operasi LASIK adalah:

Penyebab dari dilakukannya operasi

Perbedaan pertama dari operasi katarak dengan operasi LASIK adalah diagnosa penyebab dari dilakukannya operasi tersebut. Operasi katarak dilakukan karena adanya perubahan pada jaringan mata yang membuatnya seperti berselaput dan harus diangkat. Seementara operasi LASIK dilakukan karena adanya gangguan pada refraksi mata seperti rabun jauh, rabun dekat dan juga astigmatisme.

Prosedur pelaksanaan operasi 

Perbedaan ke dua dari operasi katarak dengan operasi LASIK adalah pada prosedur pelaksanaan operasi. Pada operasi LASIK, digunakan teknologi laser untuk mengikis jaringan kornea mata agar cahaya yang melewati kornea mata dapat ditangkap sempurna oleh retina. Sedangkan operasi katarak merupakan operasi penggantian lensa mata melalui beberapa prosedur sehingga pandangan bisa menjadi lebih jelas. 

 Biaya operasi dan klaim asuransi

Jika dilihat dari segi biaya, ada sedikit perbedaan dari biaya operasi katarak ataupun biaya operasi lasik. Operasi katarak umumnya akan menghabiskan biaya mulai dari 6,5 juta - 30 juta tergantung rumah sakit mana yang dipilih. Sedangkan untuk operasi LASIK, biayanya sekitar 15 juta - 30 juta per mata tergantung dari rumah sakit yang dipilih.  

Selain itu, operasi katarak merupakan operasi yang bisa ditanggung asuransi baik itu pemerintah maupun swasta, sementara operasi LASIK tidak ditanggung asuransi karena termasuk prosedur estetika. 

Itulah dia beberapa perbedaan antara operasi LASIK dan operasi katarak, semoga bermanfaat bagi teman-teman sekalian!

Baca Juga
Reactions

Post a Comment

2 Comments

  1. Bisa, kak. Lasik bisa buat mata minus sama silinder juga

    ReplyDelete
  2. Iya nih lasik ga dicover ama asuransi. Makanya aku msh nabung lagi utk ngelakuin lasik. Ditambah masih deg deg an juga mbaaa. secara kaitan ama mata 😅.

    Aku pernah lihat mata orang yg mengalami katarak krn nenek ku dulu pernah operasi katarak. Jd perbedaan lensa matanya kliatan sih kayak ada kabut matanya. Beda ama yg mata minus.

    Ngebayangin operasinya, trutama yg katarak serem juga yaaa. Apalagi waktu itu nenekku ngerasa matanya blm membaik setelah beberapa waktu. Ntah di mana salahnya, atau krn efek usia nenek yg juga udh tua banget sih.

    ReplyDelete