Cara Mudah Evaluasi Kinerja Karyawan untuk Bisnis Baru

 

Cara Mudah Evaluasi Kinerja Karyawan untuk Bisnis Baru

Penting sekali bagi pelaku bisnis baru untuk memantau kinerja karyawan mereka agar hasilnya bisa lebih optimal. Setiap perusahaan membutuhkan karyawan yang produktif dan dapat bekerja dengan baik secara individu maupun tim. Ada banyak cara yang bisa dilakukan oleh perusahaan untuk melakukan evaluasi kinerja karyawan misalnya dengan menggunakan kamera pengintai.

Membantu para pelaku usaha untuk memantau kinerja karyawan memang menjadi salah satu fungsi CCTV bagi perusahaan. Sangat penting untuk memastikan kinerja karyawan sudah optimal atau belum, apalagi jika bisnis Anda masih terbilang baru dan masih merintis, kesalahan sedikit saja bisa mendatangkan kehancuran. Untuk lebih jelasnya, simak bagaimana caranya mengevaluasi kinerja karyawan di bawah ini!

Cara Mengevaluasi Kinerja Karyawan untuk Bisnis Baru

Evaluasi kinerja karyawan sangat penting untuk perkembangan perusahaan, apalagi jika masih berstatus usaha baru. Lantas bagaimana cara yang bisa dilakukan? Untuk saat ini ada berbagai cara yang bisa dilakukan dalam mengevaluasi kinerja karyawan baik secara langsung ataupun tidak. Berikut ini cara yang bisa dilakukan:

Pantau secara Langsung Kegiatan Karyawan

Untuk mengetahui kinerja karyawan, pihak perusahaan khususnya HRD bisa melakukan pemantauan secara langsung kegiatan apa saja yang dilakukan karyawan. Dengan melakukan pemantauan secara langsung, maka perusahaan dapat memantau semua gerakan karyawan, apa saja yang dilakukan selama berada di dapa, perusahaan. Cara ini cukup memudahkan karena jika ada penyelewengan SOP atau pekerjaan karyawan yang tidak sesuai maka perusahaan dapat menegur secara langsung.

Lihat Tingkat Kepuasan Konsumen

Selain pemantauan langsung kepada karyawan, perusahaan juga dapat memantau kinerja karyawannya dari feedback konsumen. Perusahaan bisa melakukan survey kepuasan konsumen untuk melihat apakah kinerja karyawan sudah bagus atau belum. Cara ini sangat cocok dilakukan oleh perusahaan terutama perusahaan yang menjual jasa. Semakin puas konsumen maka dapat disimpulkan jika semakin baik pula kinerja karyawan.

Perhatikan Kondisi Tempat Bisnis

Karyawan adalah tulang punggung sebuah perusahaan. Kinerja karyawan berkaitan langsung dengan kondisi sebuah perusahaan. Jika karyawan memiliki kinerja baik maka perusahaan pasti tetap dalam performa terbaiknya dan pasti tempat bisnis tetap dalam kondisi baik-baik saja. Untuk itu HRD bisa memperhatikan kondisi tempat bisnis jika baik maka baik pula kinerja karyawan di sana.

Pantau Kinerja Karyawan Lewat CCTV

Jumlah HRD pasti jauh lebih sedikit jika dibandingkan dengan seluruh jumlah karyawan, untuk itu dibutuhkan bantuan dalam mengawasi karyawan agar lebih efektif. Anda bisa memantau kinerja karyawan melalui rekaman CCTV saja. Jika perusahaan sudah memasang kamera pengintai di beberapa titik, maka pemantau kinerja karyawan akan lebih mudah dilakukan oleh pihak perusahaan maupun HRD.

Melihat Antusiasme Karyawan

SIkap dalam bekerja menjadi salah satu dari kriteria penilaian yang perlu diperhatikan. Karyawan diharapkan memiliki sikap positif dan antusias pada pekerjaan serta mempunyai sikap yang sesuai dengan budaya perusahaan. Hal ini penting sekali untuk menjaga produktivitas perusahaan. Semua karyawan harus memiliki sikap yang baik dalam bekerja agar perusahaan terus maju dan semakin baik kedepannya.

Cek Kehadiran dan Ketepatan Waktu Karyawan

Cara selanjutnya yang bisa dilakukan untuk memantau kinerja karyawan adalah dengan melakukan cek pada kehadiran dan ketepatan waktu karyawan. Inilah salah satu fungsi CCTV yang memiliki kemampuan untuk memantau kehadiran dan ketepatan waktu karyawan. Dengan melihat rekaman CCTV maka perusahaan bisa memastikan karyawan hadir sesuai dengan jadwal yangs ydah ditentukan. CCTV memang masih menjadi andalan perusahaan untuk melakukan monitoring terhadap kinerja karyawan yang bisa dibilang cukup efektif.

Melakukan Perhitungan Kuantitatif

Evaluasi karyawan juga dapat dilakukan dengan menghitung kinerja karyawan secara kuantitatif dari data yang terkumpul. Penting bagi perusahaan untuk menerapkan target kinerja sehingga tau berapa banyak yang sudah dikerjakan karyawan. Misalnya saja melalui perhitungan jumlah penjualan produk oleh karyawan yang bisa dilakukan dalam rentang waktu tertentu.

Tentunya setiap divisi dalam perusahaan memiliki kriteria dan perhitungan kuantitatif yang berbeda sesuai indikator yang ditetapkan. Misalnya untuk unit IT, maka perhitungannya adalah menggunakan berapa komputer bermasalah yang berhasil diselesaikan oleh petugas. Semakin banyak komputer yang diselesaikan.

Itulah cara yang bisa dilakukan perusahaan untuk mengevaluasi kinerja karyawan. Semakin banyak data yang dikumpulkan baik secara langsung ataupun tidak, maka akan semakin akurat hasil evaluasinya. Oleh sebab itu sebisa mungkin, gunakan semua sumber daya yang bisa digunakan termasuk kamera pengintai atau CCTV.


 Pemantauan evaluasi kinerja akan lebih maksimal dengan menggunakan CCTV Hikvision ColorVu. Kamera CCTV ini mampu merekam seluruh momen dalam warna yang terang, sehingga memudahkan tim perusahaan dalam mengawasi kinerja karyawan. Hasil kamera CCTV juga ditampilkan dalam warna yang cerah, sehingga jika terjadi hal yang mencurigakan Anda bisa menemukannya dengan lebih mudah.

Fungsi CCTV memang sangat banyak dan sangat membantu dalam evaluasi kinerja karyawan. Apalagi dengan kecerdasan yang terpasang dalam ColorVu yang akan mempermudah Anda dalam melakukan identifikasi masalah lebih mudah. Menarik sekali memang kamera CCTV yang satu ini, untuk mendapatkan informasi lebih lanjut, silahkan cek di sini.

Baca Juga
Reactions

Post a Comment

1 Comments

  1. keren kak, aku punya karyawan kurang produktif ....mungkin harus di motivasi lagi

    ReplyDelete