Hal-hal yang Harus Dipersiapkan buat Kamu yang Ingin Career Switch

hal yang perlu dipersiapkan untuk career switch

Beberapa tahun terakhir, mungkin kita cukup sering mendengar istilah "career swicth" yakni orang-orang yang banting setir dari profesi yang digelutinya ke profesi baru. Ada yang dulunya seorang jurnalis dan banting setir jadi finansial planner, ada juga yang dulunya ASN dan kini fokus membangun start up keuangan bahkan mungkin salah satu dari teman-teman blogger juga sudah ada yang melakoni career switch ini.

Di lingkungan terdekat saya sendiri, sosok suami adalah contoh nyata dari career switch ini. Sebelum menikah dengan saya dia sempat menjadi guru honorer namun karena gajinya yang sedikit akhirnya banting setir bekerja di perusahaan penyedia alat kesehatan. Setelah menikah, karena merasa burn out dengan pekerjaannya suami memilih resign dan mulai menggeluti bidang yang memang dikuasainya yakni otomotif dan mekanik.

Tentunya ada banyak alasan mengapa seseorang beralih profesi yang mungkin sebenarnya sudah cukup nyaman. Seperti suami saya yang beralih profesi karena jenuh dengan pekerjaannya. Ada juga yang memilih switch career karena sudah menemukan passionnya dan berani menekuni passion tersebut. Atau bisa jadi profesi baru yang ditekuni sekarang bisa memberikan penghasilan yang lebih besar dibandingkan pekerjaan sebelumnya dan ini mungkin yang paling banyak menjadi alasan orang beralih profesi.

Kemampuan yang Harus dimiliki Mereka yang Ingin Career Switch

skill career


Bagi sebagian orang, memutuskan untuk beralih profesi kadang memerlukan proses yang panjang. Apalagi jika bidang baru yang ingin digeluti bertolak belakang dengan bidang yang dijalani sekarang. Pastinya ada proses pembelajaran dan rintangan yang harus dihadapi. Namun ketika proses career switch ini menunjukkan hasil yang positif kita akan sangat bangga pada diri sendiri karena telah berhasil melalui tahapan baru dalam hidup. 

Di dunia blog sendiri juga bukan hal yang baru ketika seorang blogger pelan tapi pasti beralih profesi. Biasanya ini terjadi ketika blogger sudah menemukan niche yang pas dengan dirinya atau menemukan branding yang tepat sehingga bisa menjadi konten kreator atau bahkan influencer. Ada juga blogger yang kemudian lebih mendalami dunia SEO dan juga digital marketing hingga akhirnya bisa benar-benar terjun menjadi praktisi di dunia digital marketing.

Salah satu sosok blogger yang sukses switching career menjadi seorang praktisi di bidang SEO specialist dan digita marketing ini adalah Putri SB yang merupakan pemilik blog www.putrihaneen.com. Nah pada Sabtu, 27 Juli 2024 yang lalu saya dan rekan blogger lain yang difasilitasi oleh BRT Network berkesempatan mendengarkan sharing Putri terkait kiat-kiat yang dilakukannya hingga berhasil beralih profesi seperti sekarang. Putri SB sendiri saat ini 

Nah, BRT Network kembali mengadakan sesi diskusi terkait switching career ini bersama Putri SB, pemilik blog www.putrihaneen.com yang sudah sukses switching career-nya dari seorang blogger, lalu menjadi SEO Content Writer, Web Development & SEO Specialist, Digital Marketing hingga kini menjadi pengajar. Dalam acara yang berlangsung pada Jum'at. 26 Juli 2024 tersebut, Putri membagikan beberapa tips dan skill yang harus dimiliki mereka yang ingin beralih profesi yakni:

Fast learner

Layaknya ketika kita mulai bekerja setelah lulus kuliah, pasti ada banyak hal baru yang harus segera dipelajari agar kita bisa cepat beradaptasi dengan dunia kerja tersebut. Orang-orang yang memiliki kemampuan belajar dengan cepat ini biasanya akan lebih mudah mendapat delegasi tugas dari atasannya. Hal yang sama juga berlaku bagi mereka yang ingin beralih profesi atau switching career. Apalagi dengan adanya teknologi seperti sekarang ada banyak sekali perubahan yang harus segera dipelajari agar kita tidak tertinggal dari yang lain.  

Never give up

Saat memulai sebuah profesi yang baru pastinya akan banyak tantangan yang kita hadapi entah itu berkaitan dengan hal teknis pekerjaan hingga mungkin tantangan dari dalam diri sendiri. Dengan adanya tantangan ini, pasti ada masanya ketika kita merasa lelah dengan tantangan dan rintangan yang dihadapi saat menjalani pekerjaan baru. Karena itulah penting sekali untuk kita memiliki semangat juang dan tidak lantas menyerah dengan kegagalan yang mungkin terjadi dalam proses menjadi diri yang lebih baik.  

Networking

Sudah bukan hal yang aneh lagi jika sekarang networking juga menjadi salah satu faktor yang bisa memudahkan jalan karir kita. Karena itu penting sekali bagi mereka yang ingin berpindah haluan karir memiliki networking yang bagus dan juga menjaga hubungan baik dengan orang-orang yang pernah berkaitan dengan kita. 

Management skill

Manajemen skill juga menjadi salah satu faktor yang bisa menunjang dalam proses switching career kita. Manajemen skil ini bisa dalam bentuk manajemen waktu, manajemen keuangan dan berbagai kemampuan manajerial lainnya yang diperlukan untuk bisa mengembangkan kemampuan diri.

Self control

Setiap orang tentunya harus memiliki self controlnya sendiri yang bisa menjadi patokan dirinya dalam mengambil keputusan dan bertindak yang pastinya juga akan berhubungan dalam switching career nantinya.

Adaptability

Skill terakhir yang sebaiknya dimiliki bagi kamu yang ingin meningkatkan diri atau beralih profesi adalah kemampuan beradaptasi terhadap perubahan yang terjadi baik itu di lingkungan kerja hingga juga perubahan kebiasaan yang harus dijalani. 

Kebiasaan yang Dapat Membantu Peningkatan Karir Kita

kebiasaan untuk meningkatkan karir

Selain kemampuan yang berasal dari dalam diri, kesuksesan seseorang dalam bidang yang ditekuninya juga sangat bergantung pada habit atau kebiasaan yang dijalankan sehari-hari. Ada banyak sekali buku-buku yang membahas bagaimana sebuah kebiasaan yang dijalankan dengan 

Menurut Putri sendiri, setidaknya ada 4 habit yang akan membantu dalam meningkatkan karir dan juga proses career switch seseorang yakni:

Fokus 

Memang tidak bisa dipungkiri salah satu cara agar seseorang bisa sukses adalah fokus pada apa yang sedang dikerjakannya. Sebisa mungkin kita meninggalkan hal-hal yang bisa menghambat fokus dalam bekerja ini. Putri bahkan bercerita kalau untuk bisa fokus pada pekerjaan yang sedang ditekuninya ini, ia tidak membuka sosial media selama berhari-hari. Wah, apa kabar kita nih yang baru ngetik 10 kalimat sudah langsung scroll instagram dan tiktok? Heu.

Disiplin

Disiplin pastinya juga menjadi salah satu faktor penting dalam kesuksesan seseorang. Orang-orang yang disiplin dengan waktu dan habit yang dibangunnya pastinya 

Stop making excuse

Kadang salah satu hal yang bisa menghambat kemajuan seseorang adalah ketika seseorang tersebut terlalu banyak membuat alasan padahal kesalahan ada pada dirinya sendiri. Misalnya seorang blogger jarang update tulisan dengan alasan tidak ada ide padahal jika memang ingin serius ngeblog dirinya harus memiliki tabungan ide yang bisa dieksekusi kapan saja. 

Push self limit

Untuk bisa sukses, seseorang juga perlu untuk terus mendorong dirinya sampai batas yang palng akhir atau bisa diartikan selalu berusaha semaksimal mungkin dalam menyelesaikan sebuah pekerjaan. 

Panduan dalam Mengejar Karir



Jika kita sudah bisa membangun kebiasaan yang dapat menunjang karir, maka di bagian akhir sharingnya Putri berbagi tentang langkah-langkah yang dijalankannya untuk bisa mencapai karir seperti sekarang. Berikut adalah tips dan langkah-langkah yang diambil Putri tersebut:

Clear goals 

Untuk bisa mencapai sebuah tujuan memang sepatutnya seseorang memiliki goal dan visi yang jelas. Bahkan kalau perlu tujuan yang ingin dicapai ini divisualisasikan sebagai bagian dari Law of Attraction yang dianggap sebagai cara yang manjur dalam mewujudkan berbagai keinginan. 

Positive affirmation

Positive affirmation merupakan kalimat-kalimat positif yang diucapkan setiap harinya yang dapat memberikan motivasi pada diri sendiri dan juga meningkatkan kepercayaan diri. Dengan menerapkan positive affirmation ini bisa membantu bagi diri kita untuk bisa selalu optimis dan mengurangi energi negatif yang muncul dari dalam diri.

Mind mapping

Mungkin tak banyak orang yang menggunakan mind mapping ini dalam menyelesaikan pekerjaannya. Mind mapping sendiri merupakan metode untuk mengorganisasikan informasi secara visual dengan membentuk hierarki dan menunjukkan hubungan antar elemen-elemen suatu konsep. Mind mapping ini akan sangat membantu dalam memahami sebuah konsep dan memecahnya menjadi informasi yang lebih sederhana. 

Lalu apa hubungannya mind mapping dalam karir kita? Dengan menerapkan mind mapping maka akan sangat membantu dalam meningkatkan kreativitas, produktivitas dan juga membantu dalam memecahkan masalah yang muncul di dunia kerja. 

Think & do like I want

Pastinya akan sangat menyenangkan jika kita bisa menekuni hal-hal yang kita sukai dan menghasilkan uang darinya. Karena itulah kadang ada orang yang beralih profesi karena ia sudah menemukan hal yang ia sukai dan bisa mendapatkan penghasilan dari bidang tersebut. Karena itulah jika seseorang berniat untuk switching career pastikan bidang yang dipilih merupakan bidang yang disukai sehingga kita bisa enjoy dalam menjalaninya. 

Demikian sedikit sharing yang bisa saya bagikan terkait career switch yang persiapan yang harus dilakukan hasil webinar bersama Putri SB dan BRT Network. Semoga bermanfaat bagi teman-teman sekalian! 


Baca Juga
Reactions

Post a Comment

19 Comments

  1. waaaa bener banget itu...kayak aku,,,baru nulis beberapa kalimat trus pegang hp scrol2 dehhh duhhhh ampun....
    swict career bukan hal yang tabu lagi untuk saat ini karena kita bisa menemukan karir yang sesuai dengan passion kita karena suatu pekerjaan yg di lakukan dengan hati insya ALLAH akan berbuah baik :)

    ReplyDelete
  2. Wahh jadi ingat Kak Putri, Masya Allah sekarang sudah sukses switching career ya.. terima kasih sudah menulis ini Mba Antung, kemaren aku kepo banget sama cerita switching careernya kak putri berseliweran di ig.. tipsnya mau ku terapkan, karena aku mau switching career juga nih ke profesi yang ramah ibu

    ReplyDelete
  3. Kalau saya sebagai blogger kadang pengen banting setir ke pekerjaan offline karena ingin punya relasi yang offline juga. Kesibukan kerja freelance dan mengurus rumah membuat saya hanya di rumah dan interaksi hanya via daring. Namun, sampai saat ini tetap nyaman saja sih, tetap disyukuri.

    ReplyDelete
  4. Dukungan orang sekitar juga sepertinya juga perlu ya Mbak kalau mau switching career. Apalagi kalau karir yang ada saat ini sudah mereka anggap bagus, dan karir tujuannya mereka anggap downgrade, sedikit susah jadinya, hiks.

    ReplyDelete
  5. pastinya pas mau career switch emang harus lebih extra buat belajar supaya cepat paham.

    ReplyDelete
  6. Switch career? Jadi harus belajar dulu ya, banyak persiapannya ternyata.

    ReplyDelete
  7. Bener bgt Putri SB emang keren bgt jalan untuk pindah karirnya. iya ya kemampuan adaptasi dll memang dibutuhkan bgt buat yg mau pindah2 karir.aku blm pernah si pindah2 hihi.tp boleh dicoba ini..makasih sharingnya

    ReplyDelete
  8. Saya sedang berusaha untuk career switch. Dari yang awalnya merintis karir di bidang IT hingga belasan tahun, sekarang mencoba jalur lain yang lebih seirama dengan peran saya di rumah. Mudah-mudahan dimudahkan ya semua teman-teman yang sedang dalam proses career switch.

    ReplyDelete
  9. Wahh insight menarik banget nihh. Apalagi insight dari Kak Putrinya. Emang bener bener mau switching career itu harus dipikirin betul betul ya

    ReplyDelete
  10. Ini relate banget sama saya yang mau switch career. Dan ternyata emang bener sih banyak yang harus disiapin. Dan kita juga harus fokus untuk mencapainya. Thanks mba tulisannya bermanfaat banget.

    ReplyDelete
  11. Banyak ilmu daging buat kalian yang ikut webinar bersama kak Putri SB ini ya kak. Switch career emg ga gampang. Tapi ya mudah kalo kita tahu ilmunya. Dan kak Putri Sb udah membeberkan triknya. Boleh dicoba tuh bagi kalian yang ingin switch career tapi masih ragu.

    ReplyDelete
  12. Kalau saya pribadi, ngeblog masih terus jalan sejak 2016. Untuk lainnya paling bikin konten dan berusaha konsisten dengan cara dipaksa. Karena kalau enggak, gak ada sampingan karena ngeblog gak seindah dulu.

    ReplyDelete
  13. Pengalamanku swicth career itu beneran g mudah. Yg penting itu memang jiwa mau belajar, meski g fast learner dan posthinker, selama dia mau belajar, tantangan apapun bisa dihadapi. Dan aku setuju sama mind mapping-nya mbak Putri, itu bener-benee bantu banget. ❤️❤️

    ReplyDelete
  14. Saya kemaren ikut webinarnya, sepanjang acara terkagum-kagum sama Kak Putri. Pengalaman dan keberaniannya patut dicontoh. Tips yang dibagikan pun lengkap banget buat yang mau switch career.

    ReplyDelete
  15. Kalo karir berubah memang kudu perlu punya banyak skill sih ya. Sehingga mau bekerja sebagai apa, bisa melakoninya

    ReplyDelete
  16. Career Switch ini memang kadang bisa terjadi karena berbagai kondisi. Memang untuk belajar hal baru butuh effort dan harus diseriusin dan konsisten biar bisa belajar skill baru

    ReplyDelete
  17. Semua orang rasanya senang dengan sebuah kestabilan.
    Namun jika gak sesuai dengan kata hati, maka switch career bisa ditempuh. Minimal, kita menggeluti apa yang menjadi panggilan hati agar bahagia saat menjalaninya, seperti kak Putri.

    ReplyDelete
  18. Aku setuju dengan setiap poin yang mba ayana tuliskan di artikel ini. Career switch, apalagi untuk yang udah settle tuh challanging karena kita harus start dengan awal baru. Tapi minimal tujuan kita udah lebih jelas ya.

    ReplyDelete
  19. jujur aku masih ga berani kalo suami career switch ke job lain ,apalagi yg bersifat wirausaha.. let's say kami memang kuatir kluar dari zona nyaman. walopun kerjaan skr bener2 demanding waktu , tapi setidaknya gaji dan benefit sepadan ama waktu yg dihabiskan.

    tapi aku salut dengan orang2 yg berani utk switch demi mencari yg lebih baik... dan setuju dengan poin2 di atas... harus berani, dan mudah adaptasi... trutama fast learner apalagi kalo bidangnya bukan sesuatu yg dikuasai

    ReplyDelete