Serunya Praktik Bahasa Inggris Lewat English Short Course di TBI Malang


pengalaman english short course bersama tbi malang

Selama sekian tahun terjun ke dunia blog, sempat beberapa kali saya mendapat tawaran job dari luar negeri dan tentunya dengan bayaran dollar. Jika dibandingkan dengan job-job lokal yang sering didapat para blogger, job dengan bayaran dollar ini pastinya lebih menggiurkan. Apalagi jika ternyata pemberi job mengizinkan kita untuk menulis dengan bahasa lokal, pastinya job seperti ini tidak akan dilewatkan begitu saja. 

Namun tentunya akan lebih terasa profesional jika sebagai blogger saya bisa memberikan artikel dengan bahasa Inggris. Pastinya ada beberapa keuntungan yang bisa saya dapat jika menulis artikel dalam bahasa Inggris salah satunya adalah bisa menjangkau lebih banyak pembaca terutama di luar negeri. Ini bisa juga membuat tawaran job dari luar negeri juga bertambah.

Mengikuti Creative Writing Short Course Bahasa Inggris bersama TBI Malang



Beberapa waktu yang lalu, saya dan beberapa blogger berkesempatan mengikuti creative writing short course Bahasa Inggris yang diadakan oleh TBI Malang. Ini adalah kali ke dua saya mengikuti short course ini setelah sebelumnya juga pernah mengikuti kegiatan sama yang diadakan oleh TBI Pondok Indah. Senang sekali rasanya bisa kembali menambah ilmu terutama seputar penulisan artikel dalam Bahasa Inggris bagi blogger seperti saya. 

Diah Pratiwi Soehendro, Marketing Communication Manager TBI dalam kegiatan tersebut menyebutkan, “Writing skill termasuk skill aktif, ketika kemampuan menulis dalam bahasa Inggris tidak rutin dilatih maka akan tumpul. Latihan yang konsisten serta mencari bimbingan yang tepat dapat memperbaiki tata bahasa, ejaan, dan gaya penulisan sehingga dapat meningkatkan kepercayaan diri saat ingin mengekspresikan ide dalam menggunakan bahasa Inggris."

Untuk kegiatan short course yang saya ikuti ini sendiri diadakan secara online selama 3 hari yakni mulai dari tanggal 15 - 17 Juli 2024 pukul 10.00 - 12.00 Wita. Di hari pertama dan ke dua short course diisi oleh mentor Miss Agnes yang memandu para blogger untuk membuat tulisan berupa review untuk film dan juga restoran. Selain memberikan contoh dari review berbahasa Inggris, Miss Agnes juga secara aktif mengajak para peserta untuk aktif berbicara di short course tersebut meski mungkin bahasa Inggris kami masih belepotan. Hehe. 

Berikut adalah 2 tulisan saya untuk review film dan restoran di kegiatan short course bersama TBI Malang:

Contoh review film

Maharaja (****)

Thriller and crime movie, 2024

Maharaja is a Tamil movie about a man called Maharaja who searched for three thievesf who steal a dust bin called Laksmi in his house. The dust bin is so precious for Maharaja and his daughter because the dust bin has been saved his daughter's life when she was baby. That’s why Maharaja and his daughter treat Laksmi the dust bin like a human and family member. Although the premise of the movie is about a father who seeks for the thieves of his house, the movie itself has a surprise plot twist that makes the audience stunned.

I really like this movie because the plot is really unpredictable. Vijay Sethupathi stars as Maharaja and Anurag Kashyap plays as Selvam the thief in the film. I think everyone who likes to watch thriller movies will love this movie because the story is really engaging. And after watching the movie you will realise some clue in the movie that the audience didn’t pay attention while watching it.

Contoh review restoran

Untuk review restoran atau tempat makan, kita bisa menggunakan informal style dan pastinya menggunakan past tense. Tulis juga kelebihan dan kekurangan dari restoran yang direview. Untuk review restoran ini saya menulis tentang rumah makan Jepang yang saya kunjungi beberapa waktu lalu.

Megumi Restaurant, Great Ramen for Japanesse food lover

A few weeks ago my friends and I went to one of Japanese Restaurant in our city called Megumi Restaurant. That was my second time to visit the restaurant and enjoy the food. The place is so cozy and has the Japanes theme. It has some menu of ramen, udon, sushi and some Japanese side dish.

At first, I want to order udon but unfortunately the material is out of stock so I change my order to spicy cheese ramen which is recommended by my friend. The ramen came in about 20 minutes and it’s really delicious. The broth of the ramen is rich and the cheese make it perfect, but unfortunately it’s not as spicy as I thought.

After finished the meal, we were ready to pay the bill and before we left the cashier gave us some coupons of parking so we didn’t need to pay the parking for our motorcycle. The price of the ramen I have eaten was about Rp. 45.000,00 and the service is good

Jika hari pertama dan ke dua diisi dengan tulisan berupa review, maka di hari ke tiga yang diisi Miss Prima para peserta diajak untuk menulis news report. Untuk penulisan news report sendiri tugasnya dikerjakan per kelompok yang kemudian dikoreksi oleh Miss Prima.

Berkenalan dengan  TBI Malang



The British Institute, yang juga dikenal sebagai TBI, didirikan pada 18 Februari 1984 sebagai salah satu institusi pendidikan yang fokus kepada pembelajaran atau pelatihan bahasa Inggris. TBI yang didukung oleh UTC (UniSadhuGuna Testing Centre) adalah satu-satunya institusi pelatihan bahasa Inggris di Indonesia yang memiliki lisensi dari Cambridge University Press and Assessment, untuk menjalankan kursus pelatihan CELTA (Certificates in Teaching English to Speakers of Other Languages).

Dengan menerapkan metode pengajaran eklektik (eclectic approach), TBI menitikberatkan pelajaran di kelas pada kebutuhan siswa (student-centered learning), yang relevan dan praktikal. TBI memiliki tenaga pengajar baik asing (native) maupun lokal (non-native) yang berpengalaman dan berstandar kualifikasi internasional. TBI juga memiliki sistem pembelajaran yang beragam mulai dari metode belajar tatap muka hingga metode belajar online seperti yang saya ikuti beberapa waktu yang lalu. 

TBI saat ini sudah tersebar di beberapa kota di pulau Jawa salah satunya di kota Malang tepatnya di Jl. Soekarno Hatta kav A-2 yang lokasinya sangat strategis karena sangat dekat dengan pusat perbelanjaan, perkantoran, tempat makan, sekolah dan sebagainya. Sebagai salah satu cabang dari TBI pusat, tentunya TBI Malang juga memiliki kualitas dan sistem pengajaran yang sama dengan TBI pusat.  

Program-program TBI Malang yang bisa diikuti

Selain kelas untuk publik yang mencakup anak-anak hingga remaja, TBI Malang juga memfasilitasi kebutuhan perusahaan maupun institusi untuk meningkatkan keterampilan bahasa Inggris karyawan melalui program pelatihan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan industri perusahaan bersama dengan tutor bersertifikasi internasional. Dengan demikian, karyawan perusahaan akan lebih banyak peluang untuk promosi jabatan dan juga pengembangan karir ke arah manajerial atau peran internasional.

Berikut adalah beberapa program TBI Malang yang bisa diikuti antara lain:

Core Programmes

  • Young Learner English
  • Pre - Teenager English
  • Teenager English
  • Global English
  • Academic English (IELTS, TOEFL & TOEIC Preparation)
  • Professional English
  • Corporate Training

Customised Programmes

  • Workshop for Professionals
  • Private Classes
  • International Exam Prediction Test
  • Short Course

Powered by UTC

  • ICAS
  • Teacher Training
  • CELTA
  • Official English Proficiency Test (Cambridge English Qualifications, TOEFL ITP, IELTS at schools)
  • Digital Learning

Untuk biaya kursus di TBI Malang pastinya juga terjangkau apalagi juga setiap bulannya selalu ada promo program kursus. Khusus untuk bulan Juli ini ada promo Back To School dari tanggal 15 Juli - 31 Agustus 2024 di mana TBI Malang menawarkan diskon s/d 1,5 JUTA RUPIAH untuk program Preschooler, Very Young Learners, Children, Pre-teenager, dan Teenager.




Nah, buat adik-adik yang masih sekolah dan ingin kursus Bahasa Inggris di TBI, mumpung libur sekolah telah usai, saatnya kembali ke sekolah! Dapatkan diskon dan berbagai penawaran menarik lainnya termasuk Lucky Dip (Study Voucher & Shopping Voucher) TBI BACK TO SCHOOL 2024! Dan jangan lewatkan juga kesempatan untuk dapatkan Grand Prize: Smart Tablet* (*terdapat di sekolah tertentu)

Daftarkan anak Anda sekarang: wa.me/6287815963475







Baca Juga
Reactions

Post a Comment

14 Comments

  1. Molly ikutan kelas bisnisnya. asyik dan seru banget. materinya bagus dan mentornya berpengalaman, seruu ikut kelasnya.

    ReplyDelete
  2. Asyiknya mbak Antung ikutan kursus bahasa Inggri TBI Malang. Ternyata lembaga kursus ini suka ada promo ya, jadi lebih ringan deh biayanya. Beragam short course ada, tinggal pilih aja sesuai kebutuhan. Tutornya sudah bersertifikasi internasional jadi makin yakin pasti bisa cas-cis-cus ya :)

    ReplyDelete
  3. Iya banget tuh, kalau bisa nulis artikel berbahasa Inggris kan akan makin terlihat profesional kita sebagai blogger ya...Memang ya kemampuan bicara juga menulis dalam bahasa Inggris jika tidak rutin dilatih maka akan tumpul. Solusi buat belajar bahasa Inggris lagi nih TBI Malang

    ReplyDelete
  4. Kebayang sih pasti seru kelasnya. Berarti tinggal tunggu waktu aja nih sampai mak bikin blog Bahasa Inggris. Apalagi sekarang kan banyak juga tawaran menulis dalam Bahasa Inggris.

    ReplyDelete
  5. Aku tuh suka sama metode belajarnya TBI karena memang bagus ya. Waktu masih ngantor aku pernah ikutan les di TBI yang khusus bisnis sama teman-teman juga.

    ReplyDelete
  6. Menantang sekali sih ini, di short course nya langsung ngomong bahasa Inggris.. Wuah daku bakalan deg²an pisan dah haha

    ReplyDelete
  7. Alhamdulullah ada kesempatan iut writing short course bahasa Inggris di TBI Malang.
    Betul juga ya mbak kemampuan menulis itu juga harus terus dilatih jadi terbiasa ke depannya. Salut banget masih mau belajar

    ReplyDelete
  8. aku juga udah ikutan kelasnya TBI ini yang online. waktu dapat materi penulisan traveling dan kuliner yang menarik. seru banget bisa diskusi langsung juga sama tutornya

    ReplyDelete
  9. Wah iya, saya nih, sudah lama gak melatih kemampuan berbahasa Inggris jadinya tumpul padahal sewaktui sekolah, nilai bahasa Inggris saya termasuk bagus. Senangnya bisa ikut kursus online di TBI Malang, Mbak.

    ReplyDelete
  10. Kemampuan berbahasa Inggris yang mumpuni memang sangat membuka banyak peluang bagus ya mba. Nah melalui The British Institute, kita bisa asah dan tingkatkan skill berbahasa Inggris.

    Pilihan program nya pun sangat menarik dan tidak ada alasan tempat kursus kejauhan karena bisa sistem online.

    ReplyDelete
  11. Tertarik juga nih untuk meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris saya. Beberapa pilihan kelasnya juga banyak. TBI Malang ini mengerti banget kebutuhan saat ini. Karena bisa ikutan kelas secara daring.

    ReplyDelete
  12. Asyik banget materi short course di TBI Malang ini mbak, sesuai dengan yang dibutuhkan sebagai blogger. Semoga setelah ini makin lancar menulis artikel dalam bahasa inggrisnya ya, baik tulisan review maupun reportase

    ReplyDelete
  13. Kalau sama TBI mah seru
    Pengajarnya juga ramah
    Ilmunya luas
    Paling penting saya suka cara mereka menangani siswa seperti saya yang speaking-nya masih rada-rada belibet

    ReplyDelete
  14. Hai mbaa. Aku setuju kalau dikatakan job dari luar negeri ini memang lebih menggiurkan nilai yang ditawarkan. Apalagi pakai bahasa Indonesia buat menulisnya. Hehehe. Tapi untuk .rmahami tugas tentu harus dibarengi bahasa Inggris yang oke. Salut ada waktu buat ikutan belajar bahasa inggris online

    ReplyDelete