Stripes Crochet Bag

DSC_2247a

Alhamdulillah kemarin berhasil menyelesaikan sebuah tas rajut lagi. Menggunakan benang poly, motif tas ini terinspirasi dari stripes bag yang beberapa waktu lalu sempat nge-trend. Awalnya sendiri saya berencana membuat tas selempang. Namun kemudian saya menyadari bagian dasar tas terlalu lebar untuk dijadikan tas selempang. Akhirnya, setelah menyelesaikan separo rajutan, saya putuskan menjadikannya tote bag saja. Kebetulan juga saya tidak memiliki tote bag untuk diajak jalan-jalan. Dan karena saya mengerjakannya sesuai mood, maka tas ini baru jadi setelah hampir tiga bulan.

Tentang merajut sendiri, saya sudah mengenalnya sejak duduk di bangku kelas dasar. Seingat saya seorang tetangga memamerkan rajutannya yang membuat saya sangat tertarik. Ia kemudian dengan murah hati mengajari saya teknik dasar merajut. Tak perlu waktu lama bagi saya untuk bisa menguasai teknik merajut ini. Dalam waktu singkat saya berhasil membuat ikat rambut, taplak meja mungil, hingga pakaian untuk boneka barbie saya. Waktu itu belum ada buku pola seperti sekarang. Jadi rajutan yang saya buat kala itu murni imajinasi sendiri atau mencontoh rajutan yang sudah ada.

Belasan tahun berlalu, rajutan pun sempat terlupakan. Hingga kemudian di pertengahan 2012 rajutan ternyata mulai booming kembali. Buku-buku tentang merajut mulai hadir di pasaran. Pun di dunia maya, orang-orang dengan senang hati membagi ilmu tentang merajutnya melalui youtube. Dan menariknya, rajutan tersebut hadir dengan variasi benang yang lebih menarik. Jika dulu saya hanya mengenal benang wol, maka kini ada yang namanya benang poly, katun, nilon, hingga bigply.

Tak ingin ketinggalan trend, saya pun kembali menekuni dunia merajut ini. Dan alih-alih membuat rajutan-rajutan mungil seperti bros, saya lebih memilih membuat beberapa rajutan berukuran besar seperti tas atau rompi. Memang sih membuat bros lebih cepat selesai ketimbang rajutan yang besar-besar. Namun entah mengapa saya selalu merasa bosan dalam pengerjaannya. Jadilah hingga saat ini saya lebih banyak membuat tas rajut dengan aneka ragam model. Pengennya sih saya bisa menghasilkan uang dari dunia merajut ini. Tapi berhubung saya selalu merajut sesuai keinginan hati, mungkin rencana tersebut bakal lama bakal terwujud 😀

0 thoughts on “Stripes Crochet Bag

  1. cute mba tas rajutnya,,
    aku udah bisa jait dan sedang menekuni usaha gamis buatan sendiri
    tapi untuk rajut susah banget disini nyari yang mau ngajarin,,hehe

  2. Bagus, mbak Yana. 3 bulan termasuk singkat. Setidaknya model strip masih ngetrend ya. Saya punya jahitan kristik dimulai sejak hamil anak ke 5 sampai sekarang anak tersebut sudah SMP, dan……belum selesai juga :'( ..Anehnya, saya masih bercita-cita suatu saat bisa menyelesaikannya

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *