Seminar Parenting bersama Bunda Kurnia

DSC_3163

Hari Ahad, 1 November 2015 yang lalu saya mengikuti Seminar Parenting yang diadakan di Aula Bappeda Kota Banjarmasin. Seminar yang berlangsung selama 3 jam ini diadakan dalam rangkaian acara 10 tahun berdirinya Salimah di Kalimantan Selatan. Salimah sendiri merupakan sebuah organisasi massa persaudaraan Muslimah yang didirikan pada 8 Maret 2000.

Untuk seminar parenting yang saya hadiri sendiri kemarin mengambil tema Pengasuhan Anak Berbasis Al Qur’an dan Siroh. Dalam sebuah hadits, Rasulullah pernah bersabda, “Didiklah anak-anakmu pada 3 hal : mencintai nabinya, mencintai keluarganya, dan membaca al qur’an. Sebab orang-orang yang ahli al qur’an itu berada di lingkungan singgasana Allah pada hari tiada perlindungan kecuali perlindunganNya beserta nabiNya dan orang-orang yang suci.” Nah, berdasarkan dari hadits ini, maka penting bagi kita untuk mengenalkan sosok Rasulullah dan Al Qur’an pada anak-anak kita sejak dini.

Adapun pengisi seminar hari itu adalah Bunda Kurnia Widhiastusti. Beliau ini adalah sosok Pembicara dari SYGMA Parenting yang dikenal sangat kuat dan inspiratif dalam memberikan materi materinya. Dalam seminar hari itu, Bunda Kurnia berbagi ilmu tentang bagaimana beliau mendidik anak-anak beliau.

Dalam cerita pertama, Bunda Kurnia bercerita kalau setiap kali anak-anak beliau pergi ke pesantren, maka Bunda Kurnia akan memberikan sebuah buku yang berisi surat cinta seorang ibu kepada anaknya. Dalam surat tersebut, Bunda Kurnia menuangkan harapan-harapan beliau kepada anak-anak beliau. Selain itu, Bunda Kurnia juga bercerita bagaimana ibunda beliau memiliki kebiasaan menyiapkan air minum yang sudah dibacakan doa untuk keluarganya.

Ilmu lain yang saya dapat dari seminar hari itu adalah tentang bagaimana sebaiknya kita menasihati anak. “Nasihatilah anak-anakmu dengan menggunakan perumpamaan,” begitu kata Bunda Kurnia. Maksud dari perumpamaan ini misalnya kita menganalogikan anak-anak tersebut dengan simbol-simbol, entah itu binatang, hewan, atau benda. Contoh dari perumpanaan ini misalnya, “Nak, jadilah engkau seperti lebah yang selalu menghasilkan yang yang terbaik.”

Selain itu, Bunda Kurnia juga memberikan tips dan trik untuk melindungi anak dan memberi nasihat kepada anak kita. Untuk melindungi anak dari hal-hal jahat, kita bisa bacakan surah Al Fatihah di ubun-ubun anak. Kemudian, kita juga mengusapย  punggung belakangnya untuk mengalirkan energi (?) positif kepada anak. Terakhir, beri tepukan di bahu kanannya agar nasihat kita bisa cepat diterima.

Bagian terakhir dari ilmu yang saya dapat adalah tentang doa kecerdasan yang diajarkan Rasulullah SAW. Doa ini sendiri sebenarnya sudah cukup sering saya baca. Berikut lafaz doanya:

Allaahumma aghnini bil ‘ilmi (ya Allah kayakan aku dengan ilmu) –> Doa ini berhubungan dengan Intelegent Quotien

Wa zayyini bil hilmi (hiasilah aku dengan kelembutan) –> Doa ini berhubungan dengan Emotional Quotien

Wa akrimni bi taqwa (muliakan aku dengan taqwa) –> Doa yang berhubungan dengan Spiritual Quotien

Wa jammilni bil ‘afiah (rupawankanlah aku dengan kesehatan) –> Doa yang berhubungan dengan Adversity Quotien (kecerdasan ketangguhan)

Demikianlah rangkuman dari seminar parenting (pertama) yang saya ikuti. Semoga bisa memberikan manfaat baik bagi saya maupun bagi yang membaca ๐Ÿ™‚

6 thoughts on “Seminar Parenting bersama Bunda Kurnia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *