Roadshow Tokopedia Banjarmasin

Beberapa waktu yang lalu saya berkesempatan mengikuti acara roadshow Tokopedia yang diadakan di kota Banjarmasin. Acara yang didukung oleh JNE dan Smartfren ini berlangsung pada tanggal 18 November di Hotel Golden Tulip Banjarmasin. Meski agak telat, saya tetap ingin membagikan ilmu-ilmu baru yang saya dapatkan dari acara tersebut.

Tentang info dari roadshow ini sendiri saya dapatkan dari colekan Yanti di akun facebook saya. Sejak mengetahui roadshow Tokopedia akan mampir di Banjarmasin, saya bersemangat sekali untuk bisa ikut. Karena itulah begitu mendapat info, tanpa pikir panjang langsung saya daftarkan nama saya dan suami untuk acara malam itu.

Rabu selepas magrib, saya dan suami berangkat menuju hotel Golden Tulip yang terletak di Jl. A. Yani km 2. Saat tiba di parkiran, saya cukup terkejut melihat banyaknya motor yang terparkir di sana. “Wah, ternyata yang ikutan banyak!” kata saya pada suami. Setelah memarkir motor, kami pun bergegas menuju Neptunus Room tempat acara roadshow diselenggarakan.

Setiba di lantai 2, saya dan suami langung melakukan registrasi. Berhubung saya mendaftar dengan status blogger, maka saya tak perlu mengantri lama seperti peserta yang lain. Selain itu, saya juga mendapat press release sebagai tambahan dari goodie bag berupa kaos dan kotak makan.

DSC_3218
ikutan narsis di photobooth

Usai registrasi dan numpang narsis di photbooth, kami pun langsung masuk ke ruangan. Tenyata, lebih dari separuh kursi sudah terisi. Gagal deh harapan saya untuk bisa duduk di deretan depan. Akhirnya mau tak mau saya dan suami memilih duduk di kursi kosong yang tersisa di bagian belakang.

Susunan acaranya sendiri sepertinya tak jauh berbeda dengan acara roadshow di kota-kota lainnya. Dimulai dari pembagian doorprize kejutan yang tersembunyi di bawah kursi, sambutan dari Kepala Cabang JNE cabang Banjarmasin, serta tentunya penampilan dari komika Ernest Prakasa.

DSC_3207
Penampilan Ernest yang sukses mengundang tawa

Untuk Inspiring Seller sendiri, pihak Tokopedia mendatangkan Rahajeng Dyah Savitri (Ajeng) yang merupakan owner dari Radysa Organizer dan juga Abdurrahim (Aim), mantan guru yang kini sukses dengan sweter rajut Gomuda-nya. Dalam sesi talkshow yang berlangsung malam tersebut, para bintang tamu berbagi kisah sukses mereka dalam jual beli online.

Ajeng, misalnya. Ia memulai usaha jual beli online lebih karena dirinya sendiri yang hobi belanja online. Saat mengetahui Tokopedia membuat fitur buka toko (yang gratis), Ajeng pun langsung memanfaatkannya. Produk organizer menjadi pilihannya karena melihat produk ini cukup sering diperlukan, terutama oleh kaum hawa. Maka, dengan modal 3 juta saja, Ajeng pun memulai bisnisnya yang kini setiap bulannya sudah bisa memproduksi 6000 produk organizer.

Adapun Aim memulai usahanya saat melihat seorang temannya mengenakan sweter rajut. Ia kemudian berhasil bertemu dengan produsen dari sweter tersebut dan melakukan kerja sama. Dengan modal lima buat sweter seharga 250 ribu rupiah, Aim pun memulai usahanya dengan menjual sweter tersebut di sekolah tempat ia dulunya mengajar. Merasa berjualan offline pasarnya terbatas, Aim pun melebarkan sayapnya dengan berjualan online. Sekarang sweter Gomuda miliknya laku 400 buah dalam sebulan.

DSC_3210
Bincang-bincang bersama bintang tamu

Ketika ditanya tentang persaingan yang pastinya dihadapi sesama penjual,  Ajeng berusaha mengatasinya dengan selalu melakukan inovasi dalam produk miliknya. Selain itu branding yang kuat juga diperlukan agar produk yang dijualnya tetap bisa menarik pembeli. Adapun Aim memiliki pengalaman menarik saat mengetahui kalau ada juga penjual online (reseller) yang menjual produknya di Tokopedia.

Selain bercerita tentang suka duka mereka sebagai penjual online dan komika, naik Ernest, Ajeng dan Aim juga memberikan tips bagi mereka yang ingin menciptakan peluang mereka. Tips-tips tersebut antara lain:

  1. Miliki passion
  2. Fokus
  3. Tahu apa yang dimaui
  4. Miliki tujuan yang jelas
  5. Sabar dan siap menanggung risiko
  6. Jangan suka menunda, coba dulu ide bisnis yg muncul di kepala
  7. Kalau mau jd pengusaha ikuti komunitas dan acara2 kewirausahaan
DSC_3212
Penyerahan plakat penghargaan kepada pengisi acara

Setelah kurang lebih dua jam bincang-bincang seru, acara malam itu diakhiri dengan pembagian hadiah bagi pemenang doorprize maupun tweet competition. Tak lupa juga pemberian plakat penghargaan bagi semua pengisi acara malam itu. Sebenarnya sesudahnya masih ada tambahan acara lagi bagi mereka yang ingin menambah ilmu jualan online. Namun karena sudah cukup malam, saya dan suami memutuskan untuk pulang. Alhamdulillah, meski hanya dua jam namun acara roadshow Tokopedia ini cukup berhasil menambah wawasan saya. Pertanyaannya sekarang adalah kapankah saya  akan mulai menciptakan peluang untuk saya sendiri?

0 thoughts on “Roadshow Tokopedia Banjarmasin

  1. Suka dengan paragraf terakhirnya. Kapan kita bertindak dan menciptakan peluang untuk diri kita sendiri? Banyak mengetahui cerita sukses orang lain, dan banyak menerapkannya pun, belum akan banyak berdampak jika diri kita sendiri tidak mencoba. Terima kasih sudah mengingatkan ya Mbak :hehe. Sukses memang tak akan datang dengan mudah, tapi tak akan ada kemudahan yang terjadi jika kita tidak mencoba :)).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *