Plus Minus Gamis Super Lebar

Hari itu, seperti biasa saya datang ke SD IT Ukhuwah untuk mengisi ekskul Penulis Cilik yang alhamdulillah masih diamanahkan kepada saya. Hari itu saya mengenakan gamis bermotif polkadot dengan bagian rok super lebar yang saya beli beberapa bulan lalu. Saat tiba di ruangan, tiba-tiba salah seorang siswa berkata, “Ustadzah roknya kenapa?” tanyanya sambil memegang bagian belakang gamis yang saya kenakan hari itu. Spontan saya memeriksa bagian tersebut. Oh lala, ternyata pada bagian bawah rok gamis saya sudah ada lubang yang cukup besar akibat terbakar bagian bawa knalpot.

Ini sebenarnya bukan kali pertama gamis saya menjadi korban knalpot. Beberapa waktu sebelumnya, saya juga mendapati gamis saya yang lain terbakar ujungnya. Untuk gamis yang satu itu, saya masih beruntung karena terbakarnya hanya sedikit jadi masih bisa dipotong. Tidak seperti gamis polkadot saya yang sepertinya harus direkonstuksi

Jika dibandingkan dengan gamis generasi pertama, yakni gamis lurus yang beredar di pasaran, keberadaan gamis dengan rok super lebar adalah sebuah anugerah tersendiri. Roknya yang lebar mampu menyembunyikan lekuk tubuh kita plus memudahkan langkah kaki kita saat berjalan. Mengenakannya juga bisa membuat kita terkesan lebih anggun karena roknya yang mengembang. Selain itu jika dibonceng naik motor pun bisa duduk ala laki-laki. Lebih menyenangkan lagi jika kita bisa mendapatkannya dengan harga yang terjangkau oleh dompet.

Namun tentunya selain nilai plus, ada juga beberapa nilai minus dari gamis super lebar ini. Pertama, karena bagian bawahnya yang super lebar pengendara motor jadi repot sendiri karena harus merapikan bagian bawah rok yang terbang. Beberapa kali saat berkendara saya diingatkan oleh pengendara lain soal bagian bawah gamis saya ini. Akibatnya sepanjang jalan saya jadi tidak bisa berkonsentrasi dan terus-terusan mengecek rok gamis saya.

Nilai minus kedua, seperti yang sudah saya tuliskan adalah kemungkinan rok terbakar akibat terkena knalpot motor. Ini bukan hanya berlaku bagi pengendara namun juga penumpang kendaraan bermotor. Bahkan mungkin jika statusnya penumpang lebih berbahaya lagi karena selain bisa kena knalpot, gamis juga bisa terlilit rantai yang malah bisa mengakibatkan kecelakaan.

Nilai minus ketiga, gamis dengan rok super lebar ini juga ternyata cukup merepotkan jika dibawa ke toilet. Beberapa kali saya harus kerepotan memegangi bagian ujung rok gamis saya agar tidak jatuh ke lantai toilet.

Meski memiliki beberapa nilai minus, bukan berarti juga saya jadi berhenti menyukai gamis dengan rok super lebar ini. Hanya saja, untuk ke depannya mungkin perlu diperhatikan beberapa hal jika ingin membeli gamis superlebar. Pertama, perhatikan jenis kain. Ada beberapa jenis kain yang sangat cepat meleleh jika terkena panas. Kedua, pilihlah gamis dengan lebar yang sedang-sedang saja (satu meter sepertinya sudah cukup lebar dan mengembang). Sedang yang ke tiga, sesuaikan panjang gamis. Ya, saya tahu tidak masalah jika wanita ingin memanjangkan gamisnya hingga sejengkal atau sehasta. Tapi gamis yang kepanjangan juga bisa bikin repot saat kita berjalan.

Kiranya demikian yang bisa saya bagi seputar gamis. Semoga bermanfaat bagi yang berkenan membacanya πŸ™‚

41 thoughts on “Plus Minus Gamis Super Lebar

  1. manggut2 bacanya.

    kalau nggak terbakar knalpot…. bisa juga itu rok masuk ke rantai sepeda motor dan membahayakan…. terutama kalau jadi penumpang …. atau kena oli yang ada di rantai sepeda motor. kecuali sepeda motornya memiliki rantai yang tertutup

  2. Wah bahaya juga kalo masuk jari-jari sepeda motor, atau dililit rantai sepeda motor.
    Ganti theme ya. Kayaknya saya tau foto yang ditarok di bawah sidebar atas, πŸ™‚

  3. Baru dapat kado ultah dr “adik” gamis plus kerudungnya yg lebar sekali, nyaman dipakai gamisnya, sayang kerudung langsung pakainya kebesaran buat muka teteh πŸ™

    Waaah mesti super hati2 itu kalau naik motor ya. Serem juga bayanginnya kalau sampai terjatuh dr Motor πŸ™

  4. pernah kejadian di aku mba.. tapi bukan kena knalpot, tapi kelilit rante.. untungnya lgsg ngeh dan brentiin motor, sebelum jatuh.. harus ati2 emang

  5. seneng ngliat plus makenya tp emg keseringan megangin pas jalan,

    apalagi kalo nyebrang, takut keinjek. naik tangga pun. naik motor pun.
    ahaha.. ko jd kebanyakan mikir πŸ˜€

    iyah, saya korban rok kena knal pot, meski gak lebar2 amat juga πŸ˜€

  6. suka ngeliat yang pakai jadi anggun karena bahannya jatuh… punya juga tapi alhamdulillah masih aman-aman saja. kalau naik motor pakai daleman celana panjang, jadi manteb kalau pas bonceng tak naikin dikit, hehehe,,,,

  7. He..he….ini tema yg sdh lama ingin saya tulis. Betul semua apa yang ditulis oleh mbak Yana. Bahkan salah satu keluarga terdekat saya mengalami musibah jatuh dari boncengan motor, mengalami patah tulang gara2 gamis kejirat rantai. Alhamdulillah, seorang pedagang soto di punggir jalan sigap memotong gamis tersebut. Dan perlu juga dipikirkan efek sosial. Satu gamis dengan keliling bawah 4 meter, mungkin bisa jadi 2 gamis dengan kel iling 1, 5 sampai 2 meter saja.

    • Iya dok. Dari gamis-gamis yang saya punya memang paling nyaman itu yang lebarnya 1,5-2 meter aja. Kalau yang superlebar dengan aksen kerut ribet pas naik motor. Cuma ya di pasaran saat ini memang lagi booming yang itu. Pengen jahit sendiri tapi kadang malah lebih mahal ketimbang beli

  8. Mbak, saya pernah dengar jargon dari teman perempuan saya se-Fakultas Syariah. Dia bilang:

    “Hijab itu kewajiban. Anggun itu pilihan.”

    Dengan keyakinan itu, dia jadi tomboy meski berjilbab lebar πŸ˜€ menurut mbak gimana? πŸ˜€

  9. Ini kejadian di ulun nah, Ka. Takajut banar malihat gamis ulun balubang-lubang. Kena panas knalpot kykna. Jangan lagi jar mama ulun pakai gamis ky itu bila bakendaraan. Maka di pasar lagi trend ka lah πŸ˜€

  10. Akhwati sholihah pecinta gamis lebar & motorlover, mohon perhatikan jg keselamatan pengendara di belakang Anda..bila kejadian rok terlilit rantai dan Anda jatuh, bayangkan pengendara motor di belakang Anda yg harus ngerem sekuat tenaga biar nggak nabrak Anda.. semoga Allah melindungi kita semua.. salam gamis lebar^^

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *