Pengalaman Mengikuti Beauty Class Mirabella

Hari itu, saya bersama adik perempuan mengunjungi sebuah toko kosmetik yang cukup ternama di kota kami. Saat sedang asyik menyambangi aneka counter make up yang ada di toko itu, saya tiba-tiba tertarik sebuah pemandangan. Di sebuah counter, tampak seorang wanita sedang didandani oleh BA (Beauty Assistant) dari produk Mirabella. Saya pun langsung mendekati counter Mirabella tersebut.

“Mari, Mbak. Ada promo produk Mirabella. Cukup belanja lima puluh ribu sudah dapat hadiah plus undian. Kalau mau minta dandanin juga bisa,” kata salah satu BA pada saya.

Saya hanya tersenyum mendengar tawaran dari BA tersebut. “Maaf, Mbak. Saya tadi lupa bawa uang jadinya nggak bisa beli apa-apa. Saya juga nggak bisa lama-lama di sini. Harus balik ke kantor lagi,” kata saya kemudian.

“Oh iya, Mbak. Besok di toko Mahkota ada beauty class. Cukup bayar seratus ribu sudah bisa belajar make up plus dapat produk Mirabella Kit ini. Kalau Mbak tertarik bisa saya daftarkan,” tak mau rugi, si Mbak BA memberikan penawaran lain pada saya.

Saya yang akhir-akhir ini sedang suka dengan dunia per-make up-an langsung tertarik mendengar info tersebut.

“Oya? Jam berapa acaranya, Mbak?” tanya saya lagi dengan antusias.

“Jam sepuluh sampai dua belas. Ada bintang tamunya juga dari Jakarta. Aldi Taher,” jawab Mbak BA itu lagi.

“Bayarnya harus sekarang?”

“Bayarnya bisa di lokasi besok, Mbak. Cukup daftar saja hari ini.”

Mendengan jawaban tersebut, saya langsung girang. “Ya sudah saya daftar beauty class-nya, ya,” kata saya kemudian.

***

Besoknya, sesudah selesai dengan urusan rumah, saya pun memacu motor menuju Toko Kosmetik Mahkota yang terletak kurang lebih 2 kilometer dari tempat saya tinggal. Setiba di toko, saya lihat pada bagian parkiran ada cukup banyak kendaraan bermotor. “Wah, kayaknya pesertanya banyak, nih,” kata saya kemudian. Namun setelah berada di depan toko saya baru sadar kalau motor-motor tersebut milik para pembeli toko.

Adapun acaranya sendiri, tampak di bagian depan toko beberapa pria menyusun kursi-kursi. Oh, rupanya acaranya belum mulai. Padahal saat itu sudah pukul sepuluh lebih. Saya pun akhirnya memutuskan mengkonfirmasi maksud kedatangan saya kepada pada BA di toko kosmetik tersebut. Setelah membayar uang registrasi dan mendapat undangan, saya langsung kembali ke bagian depan toko tempat acara Beauty Class akan diselenggarakan.

img_20160903_105446.jpg

img_20160903_102535.jpg
Display produk Mirabella Kosmetik
img_20160903_103201_1.jpg
Penampilan sebelum acara
img_20160903_101712.jpg
Persiapan sebelum acara dimulai

Saat saya duduk, tampak beberapa orang yang menduduki kursi pada veneu acara. Sambil menunggu acara dimulai, saya berbincang-bincang dengan beberapa peserta yang mulai berdatangan. Ada peserta yang dari kalangan umum seperti saya, ada juga yang dari salon, bahkan ada juga yang sedang merintis karir sebagai MUA, bahkan ada yang datang jauh-jauh dari Amuntai untuk mengikuti acara ini. Rupanya info beauty class ini cukup menarik perhatian.

Sayangnya, setelah satu jam menunggu, tak ada tanda-tanda acara akan dimulai. Kami para peserta mulai gelisah. “Mas, ini kapan ya acaranya dimulai? Sudah hampir jam dua belas, lho. Padahal kemarin bilangnya acara mulai jam sepuluh,” akhirnya salah satu peserta bertanya pada panitia.

“Maaf, Mbak, ini acaranya masih nunggu Aldi-nya datang dari acara satunya di Princess,” jawab salah satu panitia hari itu.

“Duh, Mas. Kami ke sini buat ikut acara make up, bukan buat ketemu Aldi Taher. Bisa aja kan acaranya dimulai dulu trus Aldi-nya datang belakangan,” kata Mbak peserta itu lagi.

Para panitia hanya bisa memberikan senyumnya atas permintaan tersebut. Sepertinya memang kami harus menunggu hingga bintang tamunya datang.

Akhirnya setelah hampir dua jam menunggu, acaranya pun dimulai. Sheny (atau Feny), perwakilan dari pihak Mirabella memandu sendiri acara beauty class hari itu. Acaranya dimulai dengan perkenalan produk Mirabella. Mirabella ini sendiri seperti yang diketahui berada di bawah grup Martha Tilaar. Salah satu ciri khas yang dimiliki produk-produk Mirabella ini adalah warna packagingnya yang ungu. Untuk produknya sendiri, sepertinya baru lipstik yang benar-benar dikenal oleh masyarakat luas.

Berdasarkan presentasi yang diberikan, ada 5 kelebihan yang dimiliki Mirabella Cosmetic. Kelebihan tersebut antara lain:

  • Bahannya alami, efektif dan aman
  • Sudah dilakukan uji dermatologi
  • Anti iritasi dan alergi
  • No animal testing
  • Sudah bersertifikat halal

Seteleh selesai mempresentasikan produk-produk Mirabella, acara dilanjutkan dengan beauty class. Untuk pelajaran pertama, para peserta diajarkan cara membersihkan wajah dengan menggunakan susu pembersih dan penyegar dengan teknik 2 jari. Berikut langkah-langkah yang dilakukan saat membersihkan wajah dengan susu pembersih tersebut.

  1. Tuangkan susu pembersih pada tangan, kemudian letakkan pada lima titik di wajah (dagu, kedua pipi, hidung dan kening)
  2. Letakkan dua jari di bagian dagu (jari tengah dan jari manis), lakukan gerakan memutar ke luar dari dagu sampai ke telinga bagian bawah.
  3. Letakkan dua jari di sudut bibir anda, lakukan gerakan memutar ke luar dari sudut bibir sampai ke telinga bagian tengah.
  4. Letakkan dua jari anda dekat dengan lipatan hidung, lakukan gerakan memutar ke luar dari sudut hidung atau lipatannya sampai ke telinga bagian atas.
  5. Letakkan dua jari di bagian dagu dan lakukan gerakan memutar ke arah sudut bibir, lipatan hidung, batang hidung, dahi, sampai pelipis. Lalu pijat sedikit.
  6. Letakkan dua jari di bagian atas alis. Lakukan gerakan memutar ke luar sampai ke pelipis dan pijatlah dengan pelan.
  7. Letakkan kembali dua jari anda di bagian atas alis (pangkal alis), usapkan dari pangkal alis ke bagian bawah mata (kantung mata) lalu ke arah sudut luar alis sampai ke bagian pangkal alis kembali.
  8. Letakkan kedua jari anda di bagian dagu, lakukan gerakan ke atas ke arah bawah hidung dan kembali ke dagu. Lakukan minimal 3 kali.
  9. Usaplah rahang dari bagian bawah telinga kanan ke arah dagu kiri, dan sebaliknya dari bawah telinga kiri ke arah dagu kanan.
  10. Dan terakhir, Usaplah leher anda dari bagian bawah ke atas.
  11. Setelah selesai, gunakan tisu untuk membersihkan wajah. Setelahnya gunakan toner dengan cara basahi kapas dengan toner dan tepukkan secara perlahan sampai rata ke seluruh wajah anda.

Selesai dengan proses membersihkan wajah, langkah selanjutnya adalah memulai dekorasi pada wajah. Pada tahap ini kayaknya sudah umum sekali langkahnya, yakni dimulai dengan mengoleskan pelembab dilanjutkan alas bedak dan lain sebagainya. Untuk mempermudah penjelasan, Mbak Sheny memanggil salah seorang model untuk didandani sementara kami mengikuti langkah-langkah yang beliau praktikkan pada model. Untuk para peserta sendiri, para Beauty Assistant juga sudah siap membantu jika kami merasa kesulitan menggunakan make up-nya.

img_20160903_123220.jpg

Saya sendiri dalam pengaplikasian make up, sempat kesulitan saat membentuk alis saya yang tipis ini. Akhirnya saya pun meminta bantuan seorang BA untuk membentuk alis saya.

“Wah, ini pensil alisnya terlalu hitam, Mbak. Bagusnya pakai pensil alis yang coklat tua aja warnanya,” kata BA tersebut saat menggambar alis saya. Saya cuma manggut-manggut sambil membiarkan alis saya dibentuk-bentuk. Tak lama, alis saya pun selesai digambari dan beginilah akhirnya tampilan saya setelah didandani Mbak BA. Horor banget kalau menurut saya mengingat selama ini saya selalu berusaha menggunakan pensil alis senatural mungkin. Intinya yang penting kelihatan alisnya. He

img_20160903_125311_1.jpg

Setelah para peserta selesai berdandan, bintang tamu yang ditunggu-tunggu pun tiba. Jujur kalau saya sih tidak terlalu antusias dengan acara akhir ini. Pertama karena saya datang ke acara itu untuk belajar make up, kedua saya sudah kelaparan dan pengen segera pulang, dan ketiga karena saya tidak terlalu tertarik dengan bintang tamunya. Sesi terakhir acara hari itu sendiri diisi dengan game dan foto bareng Aldi Taher bagi mereka yang sudah berbelanja sebesar Rp. 75.000.

Beberapa hal yang saya catat dari acara Beauty Class yang diadakan hari itu antara lain:

  • Acaranya molor dikarenakan bintang tamu yang datang telat. Mungkin ini terjadi karena kurangnya koordinasi antara panitia di toko kosmetik yang satu dengan
  • Acara Beauty Class tidak dilaksanakan di ruang tertutup, ini membuat para peserta yang berjilbab agak kesulitan dalam mempraktikkan penggunaan pembersih wajah dan pelembab.
  • Beauty Class-nya juga terkesan terburu-buru dan membuat peserta sedikit keteteran saat mengaplikasikan make up
  • Para peserta tidak diberitahukan harus membawa beberapa peralatan make up sendiri seperti pensil alis, eye liner dan maskara. Akibatnya saat Mbak Sheny mencontohkan cara penggunaan ketiga alat make up tersebut banyak yang tidak melakukannya.

Jadi, begitulah pengalaman pertama saya mengikuti Beauty Class dari Mirabella. Kalau mau dibilang puas sih kayaknya nggak. Tapi harus diakui kita tidak bisa berharap banyak dengan kursus make up kilat seharga seratus ribu rupiah, bukan? Wong alat make up-nya saja harganya lebih dari itu. Heuheuheu.

19 thoughts on “Pengalaman Mengikuti Beauty Class Mirabella

  1. Mungkin karena hitam banget jadi saya lihatnya ngeri, mbak noni. Kalau warnanya abu-abu mungkin bagus aja. Trus saya pengennya bikin alis kayak korea aja. Hihi

  2. Kalau diruang terbuka suka ngerasa gabebas ya mbak saat makeup apalagi berjilbab heheh mau ikut beauty class tp mesti aja ada halangannya. . Next time pengen ikutan. .

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *