Optimalkan Tumbuh Kembang Anak dengan Eksplorasi

IMG_20160730_090721

Sebagai seorang wanita yang sebentar lagi menjadi seorang ibu, rasanya sudah menjadi keharusan bagi saya untuk banyak-banyak mencari ilmu seputar cara mendidik anak. Entah itu melalui buku-buku atau juga lewat seminar-seminar parenting. Nah, Sabtu, 30 Juli 2016 yang lalu saya berkesempatan untuk mengikuti seminar parenting persembahan dari Dancow dan tabloid Nakita.

Seminar yang bertajuk Tumbuh Kembang Si Kecil Berawal dari Perlindungan yang Optimal ini diselenggarakan di Hotel Golden Tulip Banjarmasin. Ratusan peserta menghadiri acara yang berlangsung setengah hari tersebut. Rata-rata dari mereka mengenakan pakaian berwarna kuning sesuai dengan warna khas produk Dancow. Kalau saya sih pakai kerudung kuning aja biar tetap matching sama dresscode-nya. Hehe.

Dipandu oleh Shahnaz Haque sebagai moderator, seminar ini menghadirkan para narasumber yang sudah pakar di bidangnya. Mereka adalah DR. dr. Soedjatmiko, Sp(A)K, Msi yang merupakan ahli tumbuh kembang anak, di bidang psikologi ada Bunda Ratih Ibrahim, M.M., Psi., Sari Sunda Bulan, AMG yang merupakan ahli nutisi serta ayah Aidil Akbar yang akan memaparkan masalah finansial.

IMG_20160730_091905

Selama kurang lebih 3 jam, saya mendapatkan banyak ilmu seputar tumbuh kembang anak. Jadi, menurut para pakar ini, ada 4 hal yang mempengaruhi tumbuh kembang anak. Keempat hal tersebut antara lain:

  • Nutrisi
  • Stimulasi
  • Kasih sayang
  • Perlindungan.

Untuk pemberian nutrisi, kebiasaan makan pada anak sebaiknya dilakukan sejak kecil, begitu kata Bunda Sari Sundah Bulan. Selain itu, Bunda juga harus menyediakan makana yang sehat dan bervariasi untuk anaknya. Porsi makan juga harus disesuaikan. Misal untuk nasi ukurannya sekepal tangan anak, sedang untuk lauk dan buahnya disesuaikan ukuran telapak tangannya.

Adapun untuk pemberian stimulasi, bisa dilakukan dengan mengajak anak bermain, memberikan contoh yang baik, serta memberikan pujian pada anak. Nutrisi dan simulasi yang baik akan membantu perkembangan otak pada anak. Selain itu, dalam hal bermain tak perlu repot mencari tempat. Ada beberapa tips yang saya dapatkan dari Bunda Ratih berkaitan stimulasi pada anak:

  1. Rumah adalah ruang eksplorasi pertama si kecil.
  2. Dapur adalah ruang paling menarik untuk bereksplorasi karena banyak benda menarik dan banyak kegiatan yang bisa dilakukan
  3. Terhubung dengan alam akan mengoptimalkan seluruh aspek kecerdasan si kecil
  4. Si Kecil menyukai bidang yang luas untuk menuangkan ide-ide kreatifnya. Misalnya, coret-coret dinding
  5. Beraktivitas seru dan menyenangkan bersama si Kecil dapat mempererat kelekatan emosional bunda dan ayah dengan si Kecil dan mengoptimalkan perkembangan psikomotorik dan seluruh aspek kecerdasan si Kecil

Selain nutrisi yang baik, pemberian stimulasi, adanya cinta yang tulus dari ayah dan bunda menjadi salah satu hal penting dalam tumbuh kembang anak. Cinta sejati dari orang tua akan membuat mereka memberikan apapun yang terbaik bagi anak sesuai kebutuhannya.

Materi terakhir diberikan oleh ayah Aidil Akbar. Pada sesi ini, beliau memberikan beberapa tips seputar perencanaan keuangan bagi masa depan anak-anak kita. Perencanaan keuangan ini sendiri termasuk dalam upaya perlindungan bagi si kecil. Seperti yang kita tahu, semakin tahun, biaya pendidikan untuk anak-anak kita semakin meningkat seiring dengan terjadinya inflasi. Karena itulah penting sekali bagi orang tua untuk memiliki investasi

Nah, beberapa investasi yang bisa dipilih dalam mempersiapkan dana pendidikan anak

  1. Untuk pendidikan TK hingga Sekolah Dasar, ayah bunda bisa memilih investasi berupa tabungan, emas, atau deposito. Untuk investasi emas berupa perhiasan, disarankan memilih model yang sederhana saja
  2. Untuk pendidikan SMP dan SMA, investasi yang tepat adalah ORI (Obligasi Ritel Indonesia) atau SUKRI (Sukuk Ritel Syariah)
  3. Untuk dana kuliah, reksadana bisa menjadi pilihan investasi

Acara hari itu ditutup dengan penyerahan hadiah dari Tabloid Nakita kepada para peserta yang nomornya beruntung dalam pencabutan undian. Alhamdulillah, hari itu saya mendapat ilmu baru tentang dunia parenting. Oya, bagi para bunda yang ingin nambah-nambah ilmu seputar dunia anak, bisa mampir ke http://www.dancow.co.id/dpc atau bergabung di facebook Dancow Parenting Center dan bisa juga mem-follow twitter @dancowcenter.

Para pemenang doorprize
IMG_20160730_130008
Foto dulu sebelum pulang

0 thoughts on “Optimalkan Tumbuh Kembang Anak dengan Eksplorasi

  1. Kalau saya dapat materi parenting senin lalu yg menitikberatkan harmonisasi suami-istri. Sebab adakalanya muncul masalah dengan anak tanpa disadari bersumber dari adanya masalah dengan pasangan yang tak terdeteksi sebelumnya

  2. Nice info kak.
    Aku takut Ucupyo di rumah stress, karena ruang geraknya hanya batas dalam rumah. Rumah ortuku-kan BTN,kak. Kebayang doong pagar terbuka sedikit ajah, dia langsung happy kayak ketiban duit milyaran. Di jalanan banyak anak2 abg labil belap2an kalau naik motor.

    Ada tmnku jg bilang, anak kalau ruang gerak terhalang, kreafitasannya terkekang biasanya tumbuh kembangnya tidak optimal.

    Aaaaaah galaaaau T____T

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *