Membuat Blog Impian dengan DomaiNesia

membuat-blog-impian-dengan-domainesia

Saya mengenal dunia blog sejak tahun 2007. Saat itu, saya hanya tahu kalau blog itu adalah semacam diary online, tempat kita menuliskan curhat ataupun pemikiran kita namun bisa dibaca oleh orang banyak. Setelah sekian tahun ngeblog, mulai dari curhat nggak jelas hingga belajar untuk lebih informatif, tentunya muncul keinginan dalam hati saya untuk bisa menjadikan blog saya lebih profesional alias menjadi dotcom. Apalagi sekarang profesi blogger juga sedang hit-hitnya. Blogger tak lagi dipandang sebelah mata, namun sudah dianggap sebagai partner bisnis yang menguntungkan.

Nah, berhubung punya niat untuk menjadikan blog lebih profesional, tentunya saya harus menyiapkan langkah-langkah yang harus ditempuh. Ada beberapa langkah yang harus saya ambil, diantaranya:

Pertama, menentukan niche blog. Rencananya, nantinya akan akan tetap berisi tentang keseharian, atau yang lebih dikenal dengan lifestyle blog. Pilihan saya untuk lifestyle blog ini lebih karena lebih mudah dalam mencari bahan postingannya sehingga saya tidak terlalu terbebani dalam ngeblog nantinya.

Kedua, karena niche-nya yang lifestyle alias gado-gado, tentunya saya harus membuat membuat postingan dengan tema-tema tertentu. Entah itu tentang kehidupan rumah tangga, review, fiksi atau tema lain yang saya kuasai. Pemberian tema ini tentunya akan membuat pembaca merasa lebih nyaman dalam memilih bacaan pada blog saya nanti. Rencananya postingan bertema ini juga akan ditayangkan dengan jadwal-jadwal khusus.

Ketiga, memilih nama domain dan hostingnya. Rencananya, saya akan tetap menggunakan nama ayanapunya untuk domain saya nanti. Dalam hal pemilihan nama domain dan hosting ini, tentunya saya memerlukan pihak ketiga yang memang menyediakan jasa untuk kedua hal tersebut. Saat ini, ada banyak sekali perusahaan yang menyediakan jasa hosting dan domain, salah satunya adalah DomaiNesia.

DomaiNesia sendiri adalah perusahaan rintisan yang berdiri sejak tahun 2009, dengan layanan registrasi nama domain, web hosting, dan layanan web yang berfokus terhadap kualitas layanan tanpa mengesampingkan efisiensi biaya. Beberapa kelebihan yang ditawarkan DomaiNesia dapat dilihat pada gambar di bawah ini:

  • SSD super cepat
  • CloudFlare Railgun
  • Garansi uang kembali
  • Cloud Backup
  • Garansi Uptime 99,9%
  • Passionate Support
  • Instant Deploy
  • Unlimited Bandwith
  • Aktivasi Instan

untitled

Keempat, mulai membuat website atau blog yang saya inginkan. Jika sudah pernah membuat blog gratisan, mungkin tidak akan asing dengan cara-caranya. Sedangkan untuk blog yang berbayar, cara membuat website ini tergantung pada penyedia jasa domain dan hosting yang kita pilih. Untuk DomaiNesia sendiri saat ini sudah menyediakan berbagai platform website yang ingin kita buat, entah itu blog, toko online, developer, forum dan yang lainnya. Kalau kata saya sih lengkap banget ini platformnya.

untitled2

Dalam kaitannya dengan membuat website sendiri, DomaiNesia juga memberikan harga yang cukup bersaing. Misal untuk harga domain dimulai dari Rp. 119.000/tahun, lalu untuk hosting dimulai dari Rp. 8000/bulan. Cara melakukan transaksinya pun terbilang cukup mudah. Kita tinggal pilih jasa mana yang diinginkan, apakah itu domain saja atau hosting lalu tinggal klik-klik sesuai petunjuk yang sudah diberikan. Bahkan di DomaiNesia juga sekarang menyediakan fitur bernama Instant Deploy yang diperuntukkan bagi mereka yang ingin menggunakan blog berbasis WordPress seperti saya.

instantdeploy

Jadi dengan adanya fitur Instant Deploy ini, konsumen akan langsung diarahkan ke fitur pembelian hosting plus pemilihan nama domain. Selanjutnya, kita akan diminta mengisi username dan password untuk blog WordPress kita yang mana aplikasi webnya diberikan secara gratis. Setelah semua dilakukan, akan muncul jumlah tagihan yang harus dibayarkan. Selanjutnya kita tinggal melakukan pembayaran atas hosting dan domain yang sudah kita pesan dan nantinya pihak DomaiNesia akan menginformasikan hosting dan domain tersebut.

cara-menggunakan-fitur-instant-deploy
langkah penggunaan fitur Instant Deploy

Selain adanya fitur Instant Deploy seperti yang saya sebutkan di atas, salah satu hal yang membuat saya tertarik dengan layanan DomaiNesia adalah adanya testimoni yang ditampilkan pada halaman depan web DomaiNesia. Bagi pengunjung pemula seperti saya, testimoni ini bisa menjadi nilai plus yang bisa menarik konsumen. Melalui DomaiNesia, saya berharap bisa segera mewujudkan blog dotcom yang saya impikan selama ini.

0 thoughts on “Membuat Blog Impian dengan DomaiNesia

  1. Setahun ngeblog di dot com emang merasa banget perubahannya. Tapi makin ke sini, makin kangen sama wordpress. Handak ngeblog di wordpress lagi tapi yang pakai dot com 😀

  2. Artikel ini yang saya tunggu-tunggum informatif sekali ^^b

    Nanya dong, kalau untuk blog dotcom nya nanti, karena sudah berbayar, apa ada feedback yang bisa kita dapat? Misal keuntungan langsung dari jumlah pembaca, status dsb..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *