Homemade Pizza

“Mas, aku mau coba bikin pizza sendiri,” kata saya pada suami suatu hari. Suami yang memang suka makan roti-rotian tentulah langsung setuju dengan niat saya tersebut. Maklumlah, kalau beli di restoran terkenal itu kan harganya lumayan. Hoho. Saking mendukungnya, si dia bahkan membelikan pemotong pizza di sebuah minimarket dekat kantornya.

Saya sendiri mulai bergerilya mencari resep pizza. Ternyata oh ternyata resep roti untuk pizza ini gampang sekali. Cukup pakai tepung, air, minyak, ragi, dan tentunya garam. Saya saya sendiri begitu mengetahui daftar bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat roti pizza ini cuma bisa geleng-geleng kepala. “Ah, kalau tahu gampang begini bikinnya udah dari dulu kali bikin pizza sendiri,” begitu kata saya dalam hati.

Jika untuk membuat adonan roti pizza terbilang murah, maka lain halnya dengan toping untuk pizza ini. Karena pizza itu identik dengan paprika, maka pergilah saya ke pasar untuk membeli paprika. Cukup satu karena harganya lumayan mahal. Saya juga membeli bawang bombay, sosis dan keju cheddar. Semua bahan inilah yang ternyata membuat harga pizza agak mahal (apalagi kalau kejunya pakai yang mozarella).

Setelah semua bahan terkumpul, mulailah saya membuat pizza sendiri. Waktu itu, karena baru pertama kali berurusan dengan adonan roti, maka saya tidak menguleni adonan pizza sampai kalis. Cukup sampai semua bahan tercampur dan langsung saya diamkan. Satu jam kemudian adonan pizza yang mengembang langsung dicetak di wajan teflon. Tak lupa juga saya taburi toping yang sudah ditumis sebelumnya dan kemudian langsung dipanggang.

Pizza pertama buatan saya boleh terbilang tidak terlalu sukses. Rotinya agak asam dan tidak terlalu mengembang. Untungnya suami dan orang rumah suka-suka aja dengan pizza tersebut. Mereka bahkan meminta saya membuatkan pizza kembali. Saya yang masih penasaran tentu menyetujui permintaan ini. Toh bahannya juga masih ada sisa.

Untuk pizza kedua, saya mulai belajar memodifikasi resep. Resep aslinya sendiri saya ambil dari resep Peter Reinhart. Selain itu saya juga menonton video-video pembuatan pizza homemade di youtube.  Berikut adalah bahan pizza yang saya gunakan:

250 gr tepung terigu protein tinggi (misal merk cakra kembar)
1 sdt ragi instan
150 – 200 ml air es
2-3 sdm minyak
garam secukupnya

Cara membuat :

Campur semua adonan, tuangi air sedikit demi sedikit dan uleni sampai kalis (lembut elastis dan tidak lengket di tangan. Bisa ditambah tepung sedikit-sedikit kalau masih lengket). Diamkan adonan 1-2 jam dengan ditutup serbet basah. Setelah mengembang, adonan dibagi dua dan diletakkan di atas loyang dan dipipihkan. Sebelum diberi toping, tusuk-tusuk dulu adonan agar mengembang. Beri toping, panggang sampai matang.

(Untuk lebih jelas, bisa mampir ke blognya mbak Endang JTT di sini.)

Berikut adalah penampakan proses pembuatan pizza homemade ala saya. Setelah bisa membuat pizza sendiri ini bisa dipastikan saya akan semakin jarang nongkrong ke pizza hut 😀

DSC_3060
adonan pizza siap dipanggang
DSC_3061
memanggang dengan cetakan terang bulan
DSC_3063
pizza yang sudah matang
DSC_3064
hmm… yummy!

37 thoughts on “Homemade Pizza

    • saya belum nemu sih yang rotinya aja. tapi pernah kemarin beli pizza di pinggir jalan yang pakai roti sudah jadi itu. kata adik saya itu bukan roti buat pizza, tapi roti biasa. jadinya dia lebih suka yang bikin sendiri deh. heu

  1. Ternyata mudah membuat pizza ya. Gak ribet-ribet amat.
    Saya, entah kenapa, gak begitu suka pizza. Mungkin sudah cetakan selera kampung, hahaha…

  2. mbak..yang garis2 putih itu mayones? pake merk apa?
    btw ada keju mozza buatan lokal yg harganya terjangkau, kalo ga salah 250 gram nya 25.000

    sempat bikin pizza juga tapi pake resep lain, bahannya pakai margarin, susu dingin

    dan ngulenin dough nya itu lumayan buat olahraga lengan hehehe

    • Amin :).. klo aq skg vacum dr perdapuran. Selain ngurus anak wkt lg hamil 4 bln sempat masak. Dan yg makan masakanq msk rumah sakit 3 hari. Kena muntaber. Termaksud saya,hahahaha.. olehnya org rumah trauma kalo daku yg masak

  3. Salam kenal mbak ayana..
    wah ternyata mudah sekali buat Pizza, hmm… kalau lihat gambarnya, pasti enak!
    terima kasih resepnya mbak, izin copas ya..
    entar mau nyoba ah..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *