Drama Mohabbatein dan Perbedaan Antara Tamil dan Punjabi

Beberapa bulan terakhir, salah satu televisi swasta yang terkenal dengan drama India dan Turki-nya menayangkan drama berjudul Mohabbatein. Saat itu, saat melihat salah satu pemerannya, saya merasa familiar dengan drama ini. Ternyata, setelah saya tanya mbah Google, drama ini sebelumnya sempat ditayangkan RCTI dengan judul Sayangku Ruhi.

Filmmonkey.com
Filmmonkey.com

Sebenarnya sih saya tidak terlalu tertarik mengikuti drama India yang panjangnya luar biasa itu. Namun ada satu episode yang mendadak membuat saya tertarik. Jadi dalam drama ini diceritakan dr. Ishita menikah dengan seorang pengusaha bernama Raman Balla dikarenakan kecintaan Ishita pada putri Raman yang bernama Ruhi. Ternyata, pernikahan antara Ishita dan Raman merupakan pernikahan antara dua budaya yang berbeda. Ishita merupakan gadis keturunan Tamil sementara Raman adalah seorang Punjabi.

Saat mengetahui hal ini, mau tak mau saya pun teringat pada sebuah film Bollywood yang juga mengusung pernikahan antara seorang Tamil dan Punjabi, yakni 2 States. Dalam 2 States, tokoh utama pria juga seorang Punjabi bernama Krish sedangkan tokoh utama wanitanya adalah gadis Tamil bernama Ananya. Bedanya, dalam 2 States lebih mengedepankan beberapa konflik yang harus dihadapi Krish dan Ananya sebelum menikah lantaran perbedaan budaya yang dimiliki.

Ya, layaknya di Indonesia, perbedaan suku bisa menghasilkan perbedaan budaya dan kebiasaan . Di India sendiri, terdiri dari 29 negara bagian dengan sukunya masing-masing. Beberapa yang kerap saya dapati di film-film Bollywood adalah Punjabi, Bengali, Tamil, Gujarat, dan Rajashtan. Tentunya ada perbedaan tersendiri antara negara-negara bagian ini. Berhubung selama bertahun-tahun saya menyukai film Bollywood, maka perlahan-lahan saya mulai bisa mengenali beberapa perbedaan antara setiap negara bagian. Untuk kali ini, saya ingin membahas perbedaan Tamil dan Punjabi saja.

Letak Geografis, ciri fisik dan bahasa

Dari letak geografisnya, Tamil dan Punjabi mewakili dua kutub yang berseberangan. Punjabi berada di bagian utara India, sementara Tamil berada di ujung selatan India. Namanya letak geografisnya beda, otomatis berpengaruh ke ciri-ciri fisik dan bahasa yang digunakan oleh kedua suku ini. Sepengetahuan saya, untuk orang Punjabi biasanya memiliki kulit putih sedang orang Tamil memiliki kulit yang lebih gelap. Yah, tentunya tidak semua orang Tamil berkulit gelap. Buktinya Sridevi dan Hema Malini memiliki kulit cerah. Adapun untuk bahasa, orang Punjabi berbahasa Punjab, sedangkan orang Tamil berbahasa Tamil.

Nama dan gaya berpakaian

Bagi yang sering nonton film Bollywood, tentu tidak asing dengan para aktor dengan marga Kapoor di belakang nama mereka. Nah, nama Kapoor ini adalah salah satu nama dari orang Punjabi. Selain Kapoor, yang nama yang paling menggambarkan seseorang adalah Punjabi adalah Singh dan Kaur. Lalu bagaimana dengan orang Tamil? Nama orang Tamil bisa dibilang rumit dan panjang. Misalnya untuk dr. Ishita, nama panjangnya adalah dr. Ishita Vishwanathan Iyer. Atau kalau dalam film 2 States, nama tokoh wanitanya adalah Ananya Swaminathan.

Sedang untuk pakaian, dalam film-film Bollywood, para wanita Punjabi biasanya mengenakan pakaian atas bawah berupa Salwar Kameez sedangkan wanita tamil biasanya mengenakan kain sari plus melati di rambut mereka. Adapun untuk pria, para pria Punjabi juga mengenakan Salwar Kameez sedang para pria Tamil biasanya mengenakan sarung yang disebut Lungi.

Pakaian Punjabi
Pakaian Punjabi
Pakaian orang Tamil
Pakaian orang Tamil

Profesi dan Agama

Untuk masalah profesi mungkin tidak bisa diberikan pengkhususan. Yah, namanya juga beda lokasi, tentunya ada banyak profesi yang dilakoni baik orang Punjabi maupun Tamil. Namun, jika menilik ke industri perfilman India, maka bisa kita lihat para Punjabi termasuk sebagai pelopor dari industri perfilman Bollywood. Sebut saja nama Kapoor yang sudah ada sejak tahun 50-an. Adapun untuk orang Tamil, setahu saya mereka lebih dikenal sebagai pelopor dalam bidang pengetahuan. Misalnya ada nama S. Ramanujan yang merupakan ahli matematika dari Tamil.

Sedangkan untuk agama, orang Punjabi rata-rata beragama Sikh dan orang Tamil beragama Hindu yang masih memakai sistem kasta.

Tentunya masih ada perbedaan-perbedaan lain dari orang Tamil dan Punjabi. Namun berhubung saya hanya mengamati lewat film, hanya itu saja yang bisa saya sebutkan. Semoga saja bisa bermanfaat bagi yang baca.

6 thoughts on “Drama Mohabbatein dan Perbedaan Antara Tamil dan Punjabi

  1. Rumit juga ya budaya di India ini. Kalo kawin antar suku begitu kudu ada saling menghargai. Kebiasaan/adat yang dibawa dari masing-masing suku tentu sudah mendarah daging. Nah, coba dua budaya ketemu dalam satu ikatan pernikahan, kalo gak banyak sabarnya bisa perang terus dalam keluarga.

  2. Koreksi tuh bro . Mayoritaa Orang Punjabi agamanya Muslim. 70% Agama Etnis Punjabi itu Muslim . 80% Orang Punjabi tinggal di Pakistan trus sisanya baru di India . 90% Presiden Pakistan itu Orang Punjabi semua

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *