Federal Matic Oli dengan 2x Revolusi Dingin untuk Motor Matic

“Motormu kayaknya sudah waktunya ganti oli, nih. Nggak enak dipakainya,” kata suami saya setelah menggunakan Honda Beat saya beberapa waktu yang lalu.

Saya hanya nyengir mendengar perkataan suami tersebut. Jujur saat itu saya lupa kapan terakhir kali saya mengganti oli motor matic saya tersebut. Sebagai wanita, memang salah satu kelemahan saya adalah abai dalam hal perawatan motor. Pokoknya selama masih bisa hidup dan jalan saya akan menganggap motor itu baik-baik saja.

Payahnya, motor matic ini tidak seperti motor manual yang kalau ngadat masih bisa diutak-atik businya. Jadi kalau motor sudah mulai mogok, baru deh kepikiran untuk membawa si kuda besi ke bengkel. Padahal ya, melakukan perawatan rutin seperti mengganti oli motor bukan hal yang sulit. Tinggal beli trus isi selesai deh.

 

Oli motor sendiri memiliki banyak kegunaan untuk motor, diantaranya:Read More »

5 Hal yang Perlu Dipersiapkan bagi Flashpacker Pemula

Sekarang ini, liburan alias traveling sudah seperti gaya hidup. Orang-orang berlomba-lomba meng-upload foto mereka saat sedang liburan di suatu tempat. Bahkan ada yang sampai berhutang hingga (mungkin) mengedit fotonya biar bisa pamer kalau sudah liburan. Padahal ya liburan ini kan sebenarnya sesuatu yang bisa direncanakan. Kalau kita ingin mengunjungi suatu tempat, ya berarti kita harus menyiapkan dananya terlebih dahulu alias nabung.

Dulu memang orang mengidentikkan liburan itu hanya bisa dilakukan mereka yang punya banyak uang di rekeningnya. Liburan gaya orang kaya ini biasa disebut liburan dengan koper. Lalu kemudian muncullah liburan ala backpacker yang minim biaya tapi harus siap dengan konsekuensi menginap di mana saja. Nah, ternyata sekarang ada loh jenis liburan yang berada di antara, namanya flashpacker alias flexible traveler.

Flashpacker sendiri mungkin tak jauh berbeda dengan backpacker. Bedanya seorang flashpacker memiliki prinsip selama liburan bisa melakukan apapun yang mereka inginkan bahkan kadang tanpa mempedulikan anggaran. Flashpacker akan berlibur tanpa memikirkan gengsi, penampilan ataupun identitas kelompok. Flashpacker pun tidak akan terlalu terpatok dengan jadwal yang ketat.

Read More »

Wanita Bekerja dan Risiko Terkena Infeksi Saluran Kemih

 

“W nggak masuk ya, hari ini?” tanya saya pada salah satu rekan kerja saya satu hari di tahun 2015.

“Nggak. Dia sakit. Harus opname,” jawab rekan kerja saya tersebut.

Saya langsung terkejut mendengar jawaban beliau. Seingat saya beberapa hari sebelumnya teman saya ini masih sehat-sehat saja.

“Sakit apa, Kak?” tanya saya lagi.

Kakak itu kemudian mendekat pada saya dan sedikit berbisik, “Infeksi saluran kemih.”

Saya terdiam sejenak. Infeksi saluran kemih. Rasanya baru kali itu saya mendengar namanya. Penyakit jenis apakah itu? Apa penyebabnya? tanya saya dalam hati.

Setelah kembali bekerja, saya pun menanyakan perihal penyakit yang dideritanya pada teman saya W ini. Rupanya dia terkena infeksi saluran kemih ini disebabkan oleh kebiasaannya menahan pipis saat berada di kantor. Yah, namanya kantor kadang WC harus gantian kan, ya. Belum lagi kadang ada pekerjaan yang suka nanggung untuk ditinggalkan. Jadilah teman saya ini kadang lebih memilih menyelesaikan pekerjaannya terlebih dahulu. Siapa sangka karena terlalu sering menahan pipis ini ternyata membawa masalah untuk teman saya itu.

Read More »

5 Penyanyi Playback Pria Bollywood yang Wajib Diketahui

Bagi yang gemar menonton film Bollywood, sudah pasti tahu kalau film Bollywood takkan lengkap tanpa lagu dan tari-tarian. Adegannya pun tak tanggung-tanggung. Ada yang tokoh utamanya bernyanyi dan menari di tengah hujan, trus kadang dengan ajaibnya bisa pindah lokasi dari gunung ke laut. Para aktor Bollywood ini juga tahan banget dengan udara dingin. Adegan menyanyi di salju tapi pakaiannya serba tipis. Luar biasalah para pemain film India ini. Heuheuheu.

Dulunya saya mengira lagu-lagu yang kita dengar dalam film Bollywood ini dinyanyikan sendiri oleh pemainnya. Tambah keren dong ya. Sudah jago akting, suara cakep pula. Namun setelah bertahun-tahun mengikuti film Bollywood akhirnya saya pun mengetahui ada orang lain lain di balik adegan nyanyian Shahrukh Khan dan Kajol di Kuch-kuch Hota Hai dan tentunya film-film Bollywood lainnya. Saya sendiri mengetahuinya setelah membeli kaset soundtrack Kuch-kuch Hota Hai saat masih SMA dulu. Dari situlah saya tahu para penyanyi latar ini. Mereka ini kalau di kredit film disebut sebagai “Playback Singer.”

Playback Singer ini sendiri suaranya kadang cocok-cocokan loh. Misalnya playback singer A cocoknya untuk aktor B, dan begitu pula sebaliknya. Namun biasanya sih satu playback singer ini bisa mewakili beberapa aktor/aktris sekaligus. Makanya dulu saya suka bingung kok ini artis pas ngomong sama nyanyi suaranya sama dengan artis yang di film itu. Ternyata playback singer-nya sama. Hehe.

Read More »

5 Menu Asam Manis untuk Sahur

“Bangun-bangun! Sudah waktunya sahur,” begitu biasanya para ibu membangunkan anggota keluarganya saat jam sahur di bulan Ramadan.

Tak lama, satu persatu anggota keluarga pun beranjak dari tempat tidurnya. Di meja makan tampak sudah siap beberapa menu untuk disantap subuh itu. Sayangnya begitu para anggota keluarga sudah berkumpul di meja makan menu yang disajikan tersebut hanya sedikit yang disentuh.

“Kok sahurnya dikit? Ntar lemes loh,” kata si ibu saat melihat anaknya makan hanya beberapa sendok makan.

“Nggak selera, Bu,” begitu jawab si anak sambil mengelap tangannya yang baru saja dicuci.

Mendengar jawaban si anak, ibupun hanya bisa menghela nafas.

***

Fragmen di atas mungkin sering terjadi di sekitar kita. Memang salah satu permasalahan yang kerap timbul saat sahur adalah kurang berseleranya kita untuk makan. Ya, wajar aja sih. Bangun subuh mata masih kriyep-kriyep eh langsung disuruh makan. Belum lagi kadang menu yang disajikan sangat tidak menggugah selera. Makin hilanglah selera makan kita saat melihatnya. Karena itulah kadang seorang ibu yang biasanya bertanggung jawab akan menu sahur harus pintar-pintar mengatur menu sahur untuk keluarga.

Kalau saya pribadi sebenarnya tidak terlalu bermasalah dengan menu apapun, mengingat saya selalu lahap makan saat sahur (asal ada ikannya). Meski begitu ada salah satu menu olahan yang sangat saya sukai jika disajikan saat jam sahur. Menu tersebut adalah menu asam manis. Duh, kalau ibu saya sudah menyiapkan menu ini untuk sahur bisa dipastikan saya nambah berkali-kali. Mungkin karena perpaduan rasa asam dan manis itu ya yang membuat lidah bergoyang.

Read More »