Belajar Make Up Lewat Youtube

Selama beberapa waktu terakhir, saya cukup sering menonton video-video tutorial make up yang kini bertebaran di situs Youtube. Entah ini karena sayanya yang sedang tertarik pada dunia beauty blogger yang memang sedang booming atau bawaan bayi, yang jelas saya senang saja menonton atau membaca review per-make up-an ini.

Salah satu beauty blogger yang kerap saya tonton videonya adalah Suhay Salim. Saya mengetahui nama beauty blogger keturunan Arab ini dari salah satu blogger yang kerap saya baca tulisannya. Selain itu, adik saya juga sempat menyebutkan namanya dalam sebuah statusnya. Penasaran, akhirnya saya pun membuka chanel youtube milik Suhay Salim.

Yang terjadi kemudian adalah, saya jatuh cinta berat pada Suhay Salim. Gaya ngomongnya yang asal bisa dibilang menjadi daya tarik utama Suhay Salim. Ini tentunya juga diimbangi dengan kemampuan make up yang mumpuni. Daya tarik kedua yang saya lihat dari video-videonya Suhay Salim adalah make up-nya kebanyakan dikhususkan untuk riasan mata. Jadilah saya yang sebelumnya tidak terlalu ngerti make up mata mulai tertarik untuk mencoba mewarnai kelopak mata saya.

Nah, setelah menonton sekian banyak video-video tutorial yang ada di chanel Suhay Salim, alhamdulillah saya jadi dapat beberapa ilmu dalam dunia per-make up-an terutama untuk bagian mata. Ilmu ini tentunya bukan hal yang baku mengingat setiap orang punya tekniknya masing-masing dalam ber-make up. Berikut adalah ilmu make up yang saya dapat dari Suhay Salim.

Eye shadow yang bagus adalah yang pigmented

Ini adalah pelajaran pertama yang saya dapat dari video Suhay Salim. Jadi selama ini, saya tahunya eye shadow itu yang berglitter-glitter itu dan pemakaiannya tinggal sapu-sapu gitu aja. Eh ternyata untuk eye shadow, ada jenis matte, satin dan shimmering. Selain itu, pigmentasi dari si eye shadow juga sangat mempengaruhi warna yang akan muncul di kulit kita. Kalau eye shadownya tidak pigmented, maka akan cukup menyulitkan pengguna karena warnanya yang tidak keluar saat dipoles dan tentunya menambah usaha dalam mewarnai kelopak mata.

Gunakan eye base untuk meningkatkan warna eye shadow

Ini adalah solusi dari eye shadow yang warnanya tidak muncul. Jadi, jika eye shadow yang kita punya ternyata tidak pigmented, maka kita bisa mengakalinya dengan menambahkan base pada bagian mata. Asli saya baru tahu kalau ada krim/pensil yang digunakan sebagai dasar untuk make up mata.

Rias bagian mata terlebih dahulu sebelum mengenakan bedak dan lainnya

Berbeda dengan beauty blogger kebanyakan, Suhay Salim selalu memulai sesi tutorialnya dengan menyelesaikan bagian mata baru kemudian dilanjutkan dengan make up untuk wajah seperti foundation dan lain sebagainya. Nah, usut punya usut, ternyata hal ini dilakukan lebih karena alasan kepraktisan. Dengan menyelesaikan bagian mata terlebih dahulu, kita tak perlu khawatir make up di wajah akan rusak karena kejatuhan butiran eye shadow.

Pensil alis yang bagus itu yang teksturnya keras, bukan yang creamy

Jika beberapa orang senang dengan alis yang terlihat tebal dan sangat terbentuk, Suhay Salim lebih menyenangi alis yang terlihat natural. Mungkin karena itulah Suhay lebih senang menggunakan pensil alis yang teksturnya keras dibanding yang creamy. Selain itu, pensil alis yang teksturnya creamy agak rawan dalam penggunaannya. Rawan di sini maksudnya bisa bikin alis mencong-mencong saking lunaknya. Heuheu. Nah, berhubung saya juga lebih menyukai bentuk alis natural maka saya pun mengganti pensil alis yang sebelumnya sangat lunak ke pensil alis yang teksturnya sedikit lebih keras. Pengennya sih hasil alisnya mirip kayak Suhay Salim juga 😀

Gunakan brush tersendiri untuk menyapukan eye shadow

Tentang brush ini, sebenarnya tergantung pemakainya juga. Saya lihat ada juga beauty blogger yang nyaman-nyaman aja menggunakan brush bawaan dari paletnya. Bahkan ada juga yang bisa mengaplikasikan eye shadow dengan menggunakan jarinya. Namun untuk Suhay Salim, penggunaan brush untuk make up mata kayaknya menjadi hal yang wajib. Dan brush-nya juga bukan yang bawaan produk karena katanya tidak ada gunanya juga. Dari yang saya tonton, ada 3 brush yang digunakan untuk merias mata. Pertama brush untuk menyapukan eye shadow ke kelopak mata, lalu ada blending brush untuk membaurkan warna, serta brush yang tipis untuk bagian bawah mata.

Demikianlah 5 pelajaran make up yang saya dapat dari video-video Suhay Salim. Sebenarnya masih banyak pelajaran lain yang saya dapatkan. Tapi untuk sementara ini dulu yang bisa saya bagikan. Semoga bermanfaat bagi yang baca 🙂

23 thoughts on “Belajar Make Up Lewat Youtube

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *