Amitabh Bachchan dan Peran-peran yang Dimainkannya

Sebelum era Shahrukh Khan, Amitabh Bachchan merupakan rajanya perfilman Bollywood di tahun 70 hingga 80-an. Di tahun 90-an Amitabh Bachchan sempat vakum selama beberapa tahun untuk membesarkan rumah produksinya sendiri yang sayangnya bangkrut. Kerennya, hingga usianya yang sudah melampaui 70 tahun seperti sekarang, Amitabh Bachchan tetap eksis di perfilman Bollwood.

Di tahun 2000, Amitabh Bachchan kembali ke dunia film Bollywood lewat film Mohabbatein. Meski hanya berperan sebagai pemeran pendukung, film ini menjadi titik balik dari kembalinya sang superstar 70-an. Dan kini, berkat semakin kreatifnya sutradara Bollywood, sosoknya yang sudah sepuh ini tetap dipercaya memerankan tokoh utama dalam beberapa filmnya. Yah, kualitas akting memang tidak bisa bohong kan, ya? Kali ini saya akan mereview beberapa sosok yang dimainkan Amitabh Bachchan selama beberapa tahun terakhir.

Amitabh Sinha – Shamitabh

Gambar : http://movies.ndtv.com
Gambar : http://movies.ndtv.com

Shamitabh bercerita tentang seorang pemuda bernama Daanish yang bercita-cita menjadi seorang aktor. Meski memiliki kemampuan akting yang mumpuni, kondisi Daanish yang tuna wicara membuatnya nyaris tak bisa mewujudkan mimpinya. Hingga kemudian ia bertemu dengan seorang pria tua bernama Amitabh Sinha yang diperankan oleh Amitabh Bachchan. Amitabh ini juga sebenarnya bermimpi untuk bisa menjadi aktor terkenal. Sayangnya, karena suaranya yang dinilai terlalu berat ia tak pernah bisa mewujudkan mimpinya.

Daanish dan Amitabh pun berkolaborasi. Dengan bantuan sebuah chip yang dipasang di kerongkongannya, Daanish pun menjelma menjadi seorang superstar dengan suara yang khas milik Amitabh. Belakangan, rasa iri hadir dalam diri Amitabh. Ia merasa kesuksesan Daanish adalah berkat dirinya. Hal ini kemudian membuat hubungan dua orang ini terpecah dan secara tidak langsung mempengaruhi karir Shamitabh.

Review tokoh:

Dalam film Shamitabh, tokoh Amitabh Sinha yang diperankan Amitabh Bachchan di film ini digambarkan sebagai sosok pemabuk. Karena itulah dalam memerankan tokohnya, Amitabh Bachchan terlihat sangat semrawut dengan janggutnya yang berantakan.

Bhaskor Banerjee – Piku

Gambar : http://www.dnaindia.com

Apa jadinya kalau kita ditakdirkan memiliki seorang ayah yang gemar memprotes dan selalu ribut dengan penyakit konstipasi yang dideritanya? Pasti sangat menyebalkan. Setidaknya itu yang digambarkan dalam film berjudul Piku. Piku sendiri merupakan nama dari putri dari Bhaskor Banerjee, tokoh ayah dalam film ini. Setelah ibunya meninggal, Piku tinggal bersama sang ayah dan seorang asisten yang bertugas melayani ayahnya. Sehari-harinya, Piku bekerja sebagai arsitek di sebuah biro konsultan.

Satu hari, Bhaskor berniat mengunjungi rumah mendiang orang tuanya di Kolkata. Dengan alasan konstipasi yang dideritanya, Bhaskor memilih pergi ke Kolkata dengan mengendarai mobil alih-alih pesawat atau kereta. Tentu saja keputusannya ini diambil tanpa meminta persetujuan sang putri semata wayang. Akhirnya dimulailah perjalanan dari Delhi menuju Kolkata dengan menyewa sebuah mobil plus supirnya yang bernama Rana Chaudhary.

Review Tokoh:

Untuk memerankan sosok Bhaskor Banerjee, Amitabh Bachchan mentransformasi dirinya menjadi sosok pria berperut gendut (karena konstipasi) dengan kacamata dan tubuh yang sedikit membungkuk. Lewat Piku, Amitabh Bachchan meraih penghargaan National Award (penghargaan tertinggi di dunia perfilman India) untuk keempat kalinya.

Pandit Omkarnath Dhar- Wazir

Gambar : Indiatimes.com
Gambar : Indiatimes.com

Diceritakan seorang polisi anti teror bernama Daanish Ali yang kehilangan putri tunggalnya dalam sebuah insiden penembakan. Rasa bersalah membuatnya nyaris bunuh diri. Upaya ini gagal lantaran ada sebuah mobil yang menyorot dirinya. Belakangan diketahui kalau sosok di balik kemudi tersebut adalah seorang guru catur bernama Pandit Omkarnath Dhar. Dari sinilah dimulai interaksinya dengan Pandit Omkarnath Dhar yang ternyata merupakan guru dari almarhum putrinya.

Dalam kesehariannya Pandit Omkarnath Dhar mengajarkan catur pada anak-anak. Daanish sendiri kemudian ikut bergabung dalam klub catur tersebut. Sambil bermain catur, Pandit Omkarnath Dhar kerap bercerita tentang kematian putrinya yang dirasa janggal. Sebagai polisi, naluri Daanish tentu terusik mendengar cerita yang dipaparkan Pandit. Ia pun mulai menyelidiki kasus ini dan tanpa sadar mulai masuk dalam permainan yang diciptakan Pandit.

Review Tokoh :

Dalam film ini Wazir, Pandit Omkarnath Dhar digambarkan sebagai seorang pria tua yang hidup di atas kursi roda. Penampilan Amitabh Bachchan sendiri di film ini terlihat sangat intelek dengan jas dan permainan catur yang dikuasainya.

John Biswas- Te3n

Gambar : http://www.deccanchronicle.com/
Gambar : http://www.deccanchronicle.com/

Te3n bercerita tentang seorang kakek yang berusaha mencari keadilan atas kematian cucu kesayangannya 8 tahun yang lalu. Dalam upayanya ini, selama 8 tahun itu rutin mendatangi kantor polisi di Kolkata. Kasus tersebut tak terselesaikan karena hingga kini tak diketahui siapa penculik Angela, cucu John. Bahkan, Martin, inspektur polisi yang bertugas menangani kasus tersebut memilih mengundurkan diri dan beralih profesi menjadi pendeta setelah kegagalannya.

Satu hari, saat dirinya sedang berbelanja, tanpa sengaja kakek John bertemu seorang gadis tuna rungu yang mengenakan topi rajut milik almarhum cucunya. Penasaran, kakek John pun mulai mencari tahu dari mana si gadis tuna rungu mendapatkan topi rajut tersebut. Dari sini, Kakek John mengetahui kalau topi tersebut ditemukan bersama beberapa barang lain yang ditemukan dalam sebuah kotak yang ditanam di sebuah komplek pekuburan. Kakek John kemudian mengajak Pendeta Martin untuk melakukan penyelidikan. Sayangnya, Pendeta Martin menolak hingga akhirnya Kakek John memilih melakukan pencariannya sendirian.

Review tokoh :

Untuk film Te3n ini, dari penampilan luarnya sosok John Wiswas terlihat rapuh namun keras kepala. Sehari-harinya ia kerap mengenakan kemeja kotak-kotak dan sebuah scooter tua untuk mengantarnya ke berbagai tempat.

Deepak Sehgal- Pink

Gambar : The Indian Express
Gambar : The Indian Express

Dalam sebuah acara, Minal, Falak dan Andrea berkenalan dengan Rajvir dan teman-temannya. Sayangnya perkenalan tersebut berakhir dengan tragedi. Rajvir pulang dengan keadaan luka pada kepala dan matanya. Awalnya ketiga wanita ini berusaha melupakan kejadian buruk yang mereka alami. Namun kemudian baik Minal maupun orang-orang di sekelilingnya mendapat ancaman dari pihak Rajvir terkait kejadian malam tersebut.

Minal kemudian berinisiatif melaporkan kejadian yang menimpa mereka bertiga malam itu ke polisi. Sayangnya, alih-alih mendapat keadilan, malah Minal yang ditahan dengan tuduhan percobaan pembunuhan kepada Rajvir yang merupakan keponakan salah satu politikus berpengaruh. Falak dan Andrea berusaha keras membantu Minal namun tak kunjung membuahkan hasil. Hingga akhirnya, seorang pengacara veteran bernama Deepak Sehgal, memutuskan untuk mengambil kasus ini dan membela Minal di pengadilan.

Review tokoh:

Dalam Pink, Deepak Sehgal yang diperankan Amitabh Bachchan digambarkan sebagai seorang pengacara handal yang pensiun karena penyakit bipolar disorder yang dideritanya. Ia tak banyak bicara dan terlihat sering berjalan di kota dengan mengenakan masker. Hal ini membuat sosok Deepak Sehgal ini terlihat sangat misterius.

Demikian review saya tentang peran-peran yang dimainkan Amitabh Bachchan dalam film-filmnya selama beberapa tahun terakhir. Semoga bisa menjadi referensi bagi penikmat film Bollywood.

15 thoughts on “Amitabh Bachchan dan Peran-peran yang Dimainkannya

  1. legend banget si kakek ini..jaman dulu suka liat filmnya sm hema malini..atau sridevi…anaknya jg ganteng abhisek bachan apalagi menantu nya ..ahh perfect banget cakep nya

  2. sebagai pecinta bollywood saya merasa belum apa-apa tentang amitabh bachchan ini..

    jadi penasaran pengen nonton piku dan wakil deh 🙂

    salam kenal Mba, sy jg pecinta film bollywood 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *