5 Hal yang Menganggu Pemandangan dalam Berkendara

chair-1840011_640
Gambar : Pixabay

Sebagai seorang karyawan di sebuah perusahaan daerah, sehari-hari saya menggunakan motor untuk mengakomodasi keperluan saya dalam bermobilisasi. Biasanya, perjalanan dari rumah menuju kantor memakan waktu kurang lebih 15 menit. Di Banjarmasin sendiri, bisa dibilang rata-rata penduduknya menggunakan motor untuk kemana-mana. Mungkin karena Banjarmasin kotanya kecil dan lebih gampang naik motor ketimbang naik mobil atau angkutan kota.

Namanya pengendara motor, tentu ada saja suka duka yang saya rasakan. Mulai dari terserempet di jalan, jatuh dari motor, hingga ban bocor. Selain kejadian-kejadian kecil macam tadi, kadang-kadang dalam perjalanan naik motor ini saya menemukan berbagai pemandangan baik yang menyenangkan maupun yang membuat saya merasa terganggu. Pemandangan menyenangkan biasanya berhubungan dengan keindahan alam atau hal-hal baru yang saya temui dalam perjalanan. Sedangkan pemandangan yang mengganggu biasanya berkaitan dengan orang-orang yang saya temui sepanjang perjalanan. Nah, untuk kali ini, saya ingin berbagi beberapa hal yang membuat saya merasa terganggu dalam perjalanan:

Penumpang mobil yang membuang sampah ke jalan

Cukup sering saya menemukan pemandangan seperti seperti ini. Lagi asyik-asyik bawa motor, eh tiba-tiba mobil di depan kaca terbuka dan terlemparlah sebuah sampah ke jalan raya. Padahal kan ya itu sampah masih bisa disimpan di mobil dulu lalu dibuang saat mobilnya berhenti. Tapi nggak tahu kenapa masih banyak saja penumpang yang dengan entengnya membuang sampah keluar mobil. Saya yakin tak hanya saya, yang lain juga pasti akan merasa terganggu dengan hal ini. Apalagi kalau sampahnya sampai terbang ke mukanya misalnya.

Orang yang meludah sembarangan

Saya tak tahu sejak kapan ini bermula. Namun tidak tahu kenapa ya saya selalu merasa risih (atau jijik?) dengan orang yang suka meludah sembarangan. Kayaknya gimana gitu kalau pas lagi naik motor atau jalan eh tiba-tiba papasan dengan orang yang meludah sembarangan. Biasanya saya akan refleks memalingkan muka jika melihat orang meludah sembarangan ini.

Pengendara motor yang jalan beriringan sambil ngobrol

Kadang saat sedang asyik naik motor tiba-tiba saja ada sebuah motor lain mengiringi kita. Lirik punya lirik, eh ternyata si pengendara adalah teman sendiri. Akhirnya terciptalah percakapan di atas motor yang berjalan. Kadang percakapannya berlangsung sebentar, namun kadang juga bisa jadi lama karena satu dan lain hal. Nah, mereka yang ngobrol cukup lama inilah yang kadang membuat kesal. Soalnya ini lebih ke menghambat pengemudi lainnya sih. Bayangkan di satu ruas jalan ada sepasang motor yang seperti ini, pastilah pengendara di belakangnya merasa terhambat. Selain itu hal seperti ini juga bisa membahayakan kedua pengendara itu.Siapa tahu kan saat asyik mengobrol eh tidak sadar ada motor atau lubang di hadapannya. Bisa jadi kecelakaan malah.

Pria yang merokok sambil membonceng anak/pasangannya

Sering sekali dalam perjalanan menuju kantor, saat berhenti di lampu merah, saya menemukan pemandangan seperti ini. Seorang bapak mengantar anaknya ke sekolah dengan jari menjepit rokok dan asapnya mengebul kemana-mana. Penumpang yang dibawa juga kayaknya pasrah aja dengan kelakuan bapaknya ini. Duh kalau saya pasti protes keras jika suami sampai merokok sambil membonceng saya dan anak. Egois banget lah intinya. Padahal kan bisa saja si Bapak mematikan dulu rokoknya sementara dan bisa merokok lagi saat dirinya sedang sendirian. Saya sendiri memiliki peraturan pasangan tidak boleh merokok di hadapan saya atau anak kami nanti. Beberapa teman juga kadang saya tegur jika merokok di hadapan saya. Sayangnya, kalau untuk yang lebih tua, saya masih sungkan sih negurnya.

Mereka yang pamer

Pamer di sini bisa berupa PDA atau orang-orang yang pakaiannya terlihat aneh di mata saya. Ya, sebenarnya ini lebih ke bikin gatal buat komentar sih. Misal ada cewek yang pegangannya kelewat erat sama orang yang di depannya, yang mana motornya model nungging gitu. Atau pernah juga saya melihat cewek yang memperlihatkan G-stringnya saat naik motor. Bahkan kadang ada juga orang-orang yang berkendara dengan gaya-gaya tertentu yang berhasil mengundang lidah saya untuk berkomentar. Yah, hal-hal yang seperti itulah.

Demikian beberapa hal yang kadang mengganggu pemandangan saya dalam berkendara. Mungkin ada yang bisa menambahkan lagi?

39 thoughts on “5 Hal yang Menganggu Pemandangan dalam Berkendara

  1. semua yang nyetir gak pake aturan itu ngeselin plusss…………pengemis yang kadang2 suka banget berdiri deket banget sama mobil/kendaraan yg melaju. Bingung banget, ini kenapaaaa

  2. semuanya mbak. plus yang knalpotnya ngebul macam bis atau motor yang knalpotnya ke arah muka.

    kl malam, paling sedih lihat yg pk lampu putih/nonstandar.

    doh…sakiit mata ini

  3. Duh aku tuh yang bikin sebel kalo misal ada pengendara lain yang lampu utamanya diganti jadi warna putih dan lampu rem belakang dicopot. Silauuuu mennnn!!! Sama yg knalpotnya berisik (Dimodif) duh ini kelakuan abg yg bikin gemes dah!

  4. Semua nyebelin Mbak. Paling gak habis kalau ada orang di dalam mobil bagus, tapi buang sampah di jalan. Helo, uangnya habis buat beli mobil ya, gak bisa beli tempat sampah.

  5. aku paling kesel kalo orang buang sampah sembarangan terus kalo misalkan dimotor suka ngeroko gitu.. trus satu lagi sama ibu-ibu yang kalo mau belok suka tiba-tiba terus malah kita yang domelin suka ga mau kalah gitu kalo ibu” 🙂 tu kesel bnget kalo udah ada yang kaya gitu

  6. Sepakaaaat mbaaak. Aku paling sebel kalau ada yg buang sampah sembarangan dr mobil gtu mbak. Terus sampahnya kena angin dan nyangkut ke pengendara motor dibelakangnya. Kan kasiaan dan jorok :”

    Yg ngerokok dan knalpotnya bocor gtu juga bikin geregetan. Harus sabaar bangeet kalau berkendara emang :” hmmm

  7. Hehehehe setuju banget semua nya. Aneh juga yg begitu begitu… Aku pernah liat ada orang keknya Sepasang kekasih bertengkar di jalanan, trus dia keluar dari mobilnya ga mau masuk, adu mulut. Kaya di sinetron aja. … Eit, nyambung ga sih. Cuman maksud nya sih hal aneh yg ditemui di jalan hahahaha.

  8. Iyaahh, pengendara motor yg suka ngobrol di tengah jalan (literally di tengah jalan) itu maunya apa sih? :)) Di Makassar juga ada aja yang kayak gitu. Biasanya aku klaksonin aja. Kalau mau ngobrol kenapa gak mampir aja, sih? :))

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *