4 Alasan Berbelanja Online

4-alasan-saya-berbelanja-online

“Mas, kayaknya kita perlu beli kelambu deh buat dede bayi,” kata saya malam itu pada suami. Memasuki trimester ketiga kehamilan, saya dan suami memang sudah mulai mencicil beberapa barang yang diperlukan di setelah melahirkan nanti. Beberapa barang sudah saya beli di toko bayi di kota kami

“Iya. Nanti kita beli kelambunya. Sudah cek berapa harganya?” tanya suami kemudian.

“Belum nih. Kita cek di internet saja dulu,” jawab saya lagi.

Tak lama, kami pun mulai memainkan jemari di ponsel untuk mencari tahu harga perlengkapan bayi yang kami inginkan. Sementara kami berdiskusi, dede bayi dalam perut saya tak berhenti menendang-nendang. Mungkin dia sangat antusias saat tahu ayah ibunya sedang mencarikan barang untuknya. Hihi.

***

Beberapa tahun terakhir, aktivitas berbelanja online memang sudah menjadi hal yang sangat populer. Entah itu berjualan lewat media sosial, toko online, hingga merambah ke merchant-merchant yang semakin hari semakin bertambah jumlahnya. Adanya beberapa keuntungan seperti hemat waktu dan biaya menjadi alasan mengapa aktivitas belanja online ini bisa populer. Namun tentunya perlu diperhatikan juga track review dari si penjual online agar terhindar dari kekecewaan saat barang yang dipesan tiba.

Saya sendiri juga pernah melakukan transaksi belanja online ini. Mulai dari belanja memory card untuk kamera, gamis untuk sehari-hari, novel, hingga tas kerja. Beberapa pembelian online ini memuaskan, namun ada juga yang melenceng dari harapan. Yah, namanya juga tidak memegang langsung barangnya ya, jadi pasti ada kemungkinan berbeda dari yang diharapkan.

Bicara soal belanja online, bagi saya sendiri, setidaknya ada 4 hal yang menjadi alasan sebelum saya memutuskan berbelanja online. Alasan tersebut antara lain:

Barang yang dicari tidak ada di kota saya. Kalaupun ada, harganya mahal

Ini terjadi ketika memory card untuk kamera saku saya rusak. Saya sudah berkeliling di beberapa toko komputer di kota saya tapi tidak ju. Ada sih barangnya tapi harganya mahal bo. Akhirnya setelah browsing sana sini, ketemulah toko yang menjual si memory card dengan harga yang jauh banget dibanding kalau saya beli di toko komputer. So, dengan pertimbangan ini, saya pun mantap untuk membeli secara online saja. Alhamdulillah barang yang tiba sesuai harapan.

Ingin mendapatkan barang branded, tapi tinggalnya di kota kecil

Sebagai seorang muslimah, tentu saya memiliki beberapa desainer muslimah yang saya suka desainnya. Sayangnya, pakaian desainer-desainer muda ini biasanya tidak dijual di sembarang tempat. Yah, minimal dijualnya di kota besar atau butik-butik tertentu. Satu-satunya solusi agar bisa tetap eksis dengan barang-barang branded ini ya berbelanja online. Belanjanya bisa langsung ke toko online si desainer atau ke merchant yang memang bekerja sama dengan desainer ini. Setelah barang di tangan, bisa deh pamer ke teman-teman. Hehe.

Ingin mendapat tanda tangan atau merchandise

Nah, kalau yang ini berlaku untuk pembelian novel. Penulis jaman sekarang kan tugasnya bukan cuma nulis trus leyeh-leyeh nunggu bukunya laku. Ada yang namanya promosi, entah itu yang dilakukan oleh penerbit atau oleh penulisnya langsung. Kalau penulisnya sudah punya nama, maka biasanya akan ada beberapa eksemplar khusus yang diberi tanda tangan. Bagi pembaca setia, mendapatkan novel plus tanda tangan si penulis jelas akan memberikan kebanggaan tersendiri. Apalagi kalau belinya langsung sama penulisnya tuh, makin dekat aja rasanya sama penulis idola.

Promo yang menggiurkan

Siapa yang tak tergiur dengan promo setengah harga? Atau promo beli satu gratis satu? Atau promo free ongkir? Bagi kaum hawa, namanya promo itu sudah kayak magnet. Jangankan dalam belanja online, promo di supermarket aja pasti dikejar. Hehe. Untuk belanja online, promo-promo ini kadang diadakan dalam memperingati hari-hari tertentu, seperti Harbolnas di bulan Desember nanti. Untuk menyambut Harbolnas ini, biasanya toko-toko online beramai-ramai mengadakan promo dengan diskon besar-besaran. Nah, bagi kamu yang suka dengan fashion, bisa mengunjungi website Zalora dari sekarang. Siapa tahu kan ada barang keren yang kamu dapatkan dengan harga murah? 🙂

34 thoughts on “4 Alasan Berbelanja Online

  1. kalau aku baru mencoba beli buku, yang lain belum… suami malahan yang pernah beli sparepart sepeda dan kaos badminton, memang iya pengen beli branded tapi tinggal di kota kecil

  2. Saya malah belum pernah nyobain belanja online, takut pas barangnya dtang malah gak sesuai yg di harapkan,hehe jadinya lebih suka beli langsung walaupun pilihan sudah pasti terbatas 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *