10 Drama Korea dengan Latar Belakang Profesi yang Asyik Ditonton

Sejak kemunculannya di Indonesia belasan tahun lalu lewat Endless Love, hingga kini drama Korea masih tetap sukses mencuri hati penggemarnya. Jika dulu kita menonton drama Korea lewat televisi swasta, maka kini dengan kecanggihan teknologi, kita bisa menonton drama Korea terbaru dengan mengunduhnya di berbagai situs di internet. Mungkin itu juga ya sebabnya kenapa televisi swasta tak banyak lagi menayangkan drama Korea dan lebih memilih menayangkan drama Turki atau India. Hehe

Saya sendiri hingga saat ini juga masih cukup setia menonton drama Korea. Meski kadang kisah yang ditawarkan drama-drama Korea ini itu-itu saja, namun sepertinya drama Korea ini tak pernah kehilangan pesonanya. Entah itu dari segi para pemerannya, fashionnya, tempat shooting dan tentunya perkembangan ponsel terbarunya. Selain itu, drama Korea juga kadang menyelipkan beberapa profesi pekerjaan untuk menunjang latar belakang ceritanya. Yang membuat saya suka, profesi yang dipilih ini biasanya bukan sekadar tempelan alias benar-benar mengupas profesi tersebut.

Nah, kali ini saya ingin membuat daftar drama Korea dengan latar belakang profesi yang asyik untuk ditonton. Daftar ini tentunya berasal dari drama-drama yang sudah saya tonton sebelumnya.

All About Eve (2000)

Ini drama korea pertama yang saya tonton. Ceritanya tentang persaingan dua wanita menjadi pembaca berita di sebuah stasiun televisi, yakni Sun Mi dan Young Mi. Sun Mi mewakili sosok protagonis yang baik hati sementara Young Mi mewakili sosok antagonis yang licik dan suka memanipulasi. Kalau menurut saya, salah satu kekuatan dari drama ini ada pada plotnya dan sosok Jang Dong Gun yang ganteng itu. Hehe.

Jewel in the Palace (2004)

Jewel In The Palace bisa jadi merupakan drama Korea favorit saya sepanjang masa. Entah sudah berapa kali saya menonton ulang drama ini. Kisah hidup Jang Geum mulai dari masa kecilnya sebagai dayang istana hingga berhasil menjadi dokter pribadi raja selalu sukses membuat saya terpukau. Awalnya saya menyukai drama ini karena unsur memasaknya. Namun belakangan, saya baru sadar ada begitu banyak nilai positif yang bisa diambil dari sosok Jang Geum yang diperankan oleh Lee Young Ae.

Good Doctor (2013)

Good Doctor bercerita tentang Park Si On, seorang pemuda penderita autistic savant yang berusaha diterima sebagai dokter residen di sebuah rumah sakit di Korea. Kondisinya yang agak berbeda yang lain membuat Park kerap dipandang sebelah mata baik oleh dokter maupun residen yang lain. Meski begitu, selama menjalani masa residen-nya, Park Si On banyak mendapat pengalaman dan pelajaran dari kasus-kasus yang dihadapkan padanya. Saya sendiri waktu menonton drama ini juga dibuat terkagum-kagum dengan adegan-adegan operasi yang dilakukan pemerannya. Terlihat seperti sungguhan dan sungguh menambah pengetahuan saya tentang dunia kedokteran.

I Can Hear Your Voice (2013)

I Can Hear Your Voice merupakan drama Korea dengan latar belakang kehidupan pengacara dengan unsur fantasi di dalamnya. Tokoh utama prianya, Park Soo Ha pernah mengalami kecelakaan di masa kecilnya yang membuatnya menjadi yatim piatu. Setelah kecelakaan yang dialaminya, Park Soo Ha kemudian mendapat anugerah bisa membaca pikiran orang lain. Kecelakaan ini juga kemudian mempertemukan Park Soo Ha dengan Jang Hye Sung, salah satu saksi kunci saat kecelakaan dirinya berlangsung. Berkat kesaksiannya, pembunuh ayah Park Soo Ha berhasil ditangkap.

Delapan tahun kemudian, Jang Hye Sung telah menjadi seorang pengacara sedangkan Park Soo Ha sudah duduk di bangku SMA. Nah, ternyata setelah 8 tahun, narapidana pembunuh ayah Park Soo Ha juga dibebaskan dan berniat balas dendam pada Jang Hye Sung. Park Soo Ha yang merasa berhutang budi (dan jatuh cinta) pada Jang Hye Sung pun berusaha melindungi wanita yang dicintainya tersebut.

Nah, yang saya suka dari drama ini tentunya selain karena memberi saya pengetahuan tentang dunia hukum di Korea, juga karena plotnya yang tidak terduga.

Misaeng (2014)

 

Misaeng ini bercerita tentang kehidupan para pekerja di sebuah perusahaan trading di Korea. Tokoh utama dari serial ini sendiri bernama Jang Geu Rae. Mulanya Jang Geu Rae menekuni permainan baduk. Entah karena kurang fokus atau memang tak berjodoh, Jang Geu Rae harus melepas mimpinya menjadi pemain baduk profesional dan beralih menjadi pegawai kantoran. Statusnya yang tidak lulus perguruan tinggi serta lulus dengan koneksi membuat Jang Geu Rae kerap mendapat cibiran.

Untungnya ia mendapatkan bimbingan dari manajer Oh Sang Sik yang meskipun terlihat keras namun tak sungkan membagikan ilmunya pada Jang Geu Rae. Perlahan tapi pasti, Jang Geu Rae pun mulai menunjukkan peningkatan dalam kinerjanya. Nah, selain Jang Geu Rae, masih ada beberapa tokoh lain yang diceritakan. Intinya, melalui drama Misaeng ini, saya jadi tahu bagaimana kerasnya sistem kerja di Korea.

It’s Okay That’s Love (2014)

It’s Okay, That’s Love bercerita tentang kisah cinta antara seorang penulis bernama Jang Jae-yeol dan seorang psikiater bernama Ji Hae-soo. Meski berstatus sebagai novelis terkenal, namun tak ada yang tahu kalau Jang Jae Yeol memiliki gangguan kejiwaan berkaitan dengan masa lalunya yang buruk. Tak jau berbeda dengan Jang Jae Yeol, Ji Hae Soo juga memiliki trauma tersendiri dalam menjalin hubungan. Jadi selama menonton drama ini saya sekalian berlajar ilmu psikologi dari beberapa kasus yang ditangani oleh oleh Ji Hae Soo dan rekan psikiaternya yang lain.

Signal (2015)

Seorang petugas polisi muda bernama Park Hae Young tanpa sengaja menemukan sebuah walkie talki tua yang masih aktif. Siapa sangka alat komunikasi jadul itu ternyata menghubungkannya dengan detektif Lee Jae Han. Uniknya, detektif Lee Jae Han ini hidup di masa lalu yang berarti terjadi komunikasi lintas jaman antara kedua pria ini. Berkat komunikasi yang dijalinnya dengan detektif Lee Jae Han, Park Hae Young berhasil mengungkap kasus-kasus dingin yang terjadi dalam kurun waktu 20 tahun, termasuk juga misteri di balik kematian sang kakak.

Hal yang menarik dari Signal tentu saja ada pada premis cerita serta ketegangan yang ditawarkan di tiap episodenya. Berhubung ini drama detektif, maka kasus-kasus yang dihadapi tak jauh-jauh dari pembunuhan. Dan meski terbilang masih ada plot hole berkaitan dengan tema time travel yang dipilihnya, namun rasanya semua itu bisa tertutupi dengan ketegangan yang ditawarkan.

Descendants of The Sun (2015)

Ini merupakan drama paling nge-hits di tahun 2015 lalu. Kisah cinta antara seorang prajurit perdamaian PBB bernama Yoo Si Jin dan dokter cantik bernama Kang Moe Yeon. Kalau kata saya, faktor utama yang membuat drama ini menarik untuk ditonton adalah pemilihan profesi tokoh utama prianya. Soalnya jarang-jarang kayaknya ada drama Korea yang memilih tokoh prajurit sebagai jagoannya. Saya sendiri malah biasa aja nonton drama ini. Hehe.

Another Oh Hae Young (2016)

Another Oh Hae Young sebenarnya lebih cenderung ke drama percintaan. Namun profesi Sound Engineer yang diperankan oleh pemeran utama prianya jelas menjadi sebuah hal baru bagi saya. Ceritanya sendiri tentang seorang dua orang gadis bernama sama. Karena kesamaan nama ini, Oh Hae Young pertama merasa dirinya selalu sial. Wajar saja, Oh Hae Young yang satu lagi memiliki berbagai kelebihan jika dibandingkan dengan Oh Hae Young pertama.

Nah, untuk profesi Sound Engineer-nya sendiri, dari drama ini saya jadi tahu bagaimana proses editing suara untuk film. Dalam drama ini digambarkan bagaimana Park Do Kyung, tokoh utama prianya melakukan berbagai kegiatan yang menunjang pekerjaannya. Entah itu merekam suara-suara yang ada di sekitarnya, hingga menciptakan bunyi-bunyi tertentu yang sesuai dengan adegan yang akan diperlihatkan. Ah, pokoknya benar-benar hal menarik untuk dilihat.

38 Task Force (2016)

Drama terakhir yang saya tonton dengan latar belakang profesi adalah 38 Task Force. Drama ini mengambil setting dunia perpajakan di Korea. Tokoh utamanya, Baek Sung Il adalah seorang karyawan di divisi penagihan pajak di kantor pajak Korea. Tugasnya tentu saja mengumpulkan pajak dari orang-orang yang sengaja menghindari pajak. Entah itu orang miskin hingga orang kaya.

Satu hari Baek Sung Il harus berhadapan dengan seorang pengusaha yang mangkir dari pajaknya. Tak hanya itu, si pengusaha juga ternyata memiliki backing di kantor pajak. Baek Sung Il yang merasa terhina dengan perlakuan sang pengusaha padanya akhirnya memutuskan bekerja sama dengan seorang penipu muda bernama Yang Jeong Do untuk mengambil pajak dari si pengusaha. Dalam menjalankan aksi penipuannya, tentu saja Yang Jeong Do tidak bekerja sendiri. Dia membentuk sebuah tim untuk menipu si pengusaha hingga mau mengeluarkan uang sebesar pajak yang ia tunggak.

Yah, memang sih untuk porsi cerita, drama ini lebih ke cerita penipuan ketimbang pajaknya. Tapi menurut saya tetap asyik ditonton karena selain bisa memberi saya wawasan tentang dunia pajak di Korena, ada begitu banyak twist yang diberikan dalam drama ini.

Demikian daftar drama Korea dengan latar belakang profesi yang pernah saya tonton. Semoga bisa bermanfaat bagi yang baca 🙂

 

0 thoughts on “10 Drama Korea dengan Latar Belakang Profesi yang Asyik Ditonton

  1. Duh kada ingat ulun judulnya. Ada drakor yg profesinya penulis cerita anak.. Bareng Oh My Ghost rasanya rilisnya. Yang ceweknya ‘jelek’ tuh, Ka. Jerawatan dll padahal waktu halus cantik.

  2. Gw hanya nonton 2, All about Eve dan Misaeng. DoTS coba nonton, itu juga karena rekomendasi bbrp teman dan ada Song Hye Kyo, tapi sampai episode 4 atau 5, give up. Ga tertarik lagi. Hehehe…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *